Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impor Pupuk Merupakan Pilihan Terakhir!

Kompas.com - 04/03/2009, 16:39 WIB

JAKARTA, RABU — Rencana impor pupuk urea sebesar 500.000 ton bakal tertunda. Pasalnya, dari perhitungan Dewan Pupuk Indonesia (DPI), pabrik pupuk di Tanah Air memastikan kesanggupan diri untuk memproduksi sekitar tujuh juta ton per tahun.

Kesanggupan pabrik pupuk nasional memproduksi pupuk tersebut tak terlepas dari jaminan kelancaran akan pasokan gas yang dibutuhkan untuk memproduksi pupuk.

"Kalau tujuh juta pupuk bisa diproduksi, impor tidak perlu sebanyak itu. Bahkan kalau memungkinkan, tidak perlu," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla seperti yang diutarakan Ketua Umum Dewan Pupuk Indonesia Zainal Sujais di Istana Wapres, Jakarta, Rabu (4/3).

Pernyataan Kalla tersebut sejalan dengan pemikiran DPI. Zainal mengemukakan, kebijakan impor pupuk merupakan kebijakan akhir. "Jadi ini kalau tidak ada jalan lain," ujarnya.

Sebelumnya, saat berkunjung ke Pabrik Pupuk Kujang, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberi pintu kepada PT Petro Kimia Gresik dan pabrik pupuk Kujang untuk mengimpor pupuk urea dengan total 500.000 ton. Impor pupuk tersebut sebagai cadangan ketersediaan pupuk di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com