Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Internasional Adi Soemarmo Diresmikan Hari Ini

Kompas.com - 07/03/2009, 07:18 WIB

SOLO, SABTU — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sabtu (7/3), dijadwalkan meresmikan Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah. Presiden beserta rombongan yang menggunakan pesawat khusus kepresidenan direncanakan tiba di Pangkalan TNI AU, Solo, Jawa Tengah, sekitar pukul 09.30.

Presiden yang didampingi Ibu Ani Yudhoyono kemudian menuju Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo yang dibangun di area seluas 13.000 meter persegi atau delapan kali lebih luas dari bandara lama. Bandara Adi Soemarmo yang kini berstatus internasional dilengkapi unit pelayanan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang juga akan diresmikan oleh Presiden.

Bandara baru itu juga dilengkapi sarana internasional seperti landasan pacu untuk pesawat berbadan lebar, garbarata, serta fasilitas internasional lain seperti penukaran mata uang asing. Bandara Internasional Adi Soemarmo diharapkan dapat mendongkrak jumlah wisatawan ke Solo serta meningkatkan perekonomian wilayah sekitarnya.

Bersamaan dengan peresmian Bandara Internasional Adi Soemarmo dan unit pelayanan TKI, Presiden juga menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian delapan proyek infrastruktur di Jawa Tengah.

Delapan proyek itu adalah Bendungan Lodan di Kabupaten Rembang senilai Rp 33,9 miliar, Sistem Penyediaan Air Minum Ibu Kota Kecamatan (SPAM IKK) di Kabupaten Sukoharjo senilai Rp 4,69 miliar, SPAM IKK di Kabupaten Pemalang senilai Rp 2,46 miliar, SPAM IKK di Kabupaten Batang senilai Rp 7,18 miliar.

Selain itu, Tiga Twin Block Rusunawa Krapyak di Kota Pekalongan senilai Rp 26,1 miliar, Satu Twin Block Rusunawa UNS di Kota Surakarta senilai Rp 7,94 miliar, Satu Twin Block Rusunawa UMS di Kota Surakarta senilai Rp 7,79 miliar, dan Pasar Wisata Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar senilai Rp 25 miliar.

Pada Sabtu siang, Presiden beserta rombongan direncanakan mengunjungi pabrik tekstil PT Sritex di Kabupaten Sukaharjo, Jawa Tengah, untuk meresmikan perluasan pabrik. Presiden direncanakan menginap di Villa PT Sritex, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Pada Minggu, 8 Maret 2009, Presiden beserta rombongan dijadwalkan meninjau Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TO-0T) Tawangmangu dan Pasar Wisata Tawangmangu, lalu meresmikan Majelis Tafsir Al Quran (MTA) Kota Surakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com