Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trikomsel Tawarkan 500 Juta Saham

Kompas.com - 02/04/2009, 13:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Trikomsel Oke (Persero) akan menawarkan sebanyak-banyaknya 500 juta saham baru kepada publik. Jumlah itu merupakan 11 persen dari total saham ditempatkan dan disetor penuh dengan penjamin pelaksana emisi efek dari PT Mandiri Sekuritas dan PT Sucoinvest Central Gani.

Penerbitan saham baru ini ditargetkan akan menyerap dana sekitar Rp 100 miliar. Nantinya, dana tersebut akan digunakan untuk membayar utang dan ekspansi. Perinciannya, sekitar 40 persen akan digunakan untuk pelunasan sebagian hutang tahun lalu, 40 persen untuk penambahan toko, dan sisanya sekitar 20 persen untuk pengembangan infrastruktur.

Estimasi masa penawaran akan dilakukan pada tanggal 27-31 Maret 2009 dengan target pencatatan saham pada awal April. "Kami optimis bisa berkembang karena tingkat penetrasi pasar telepon selular masih lemah," ujar Sugiono Wiyono Sugialam Direktur Utama PT Trikomsel Oke.

Trikomsel Oke akan menawarkan sahamnya di kisaran Rp 220-Rp 275 per saham. Ratih D Item Presiden Direktur PT Sucorinvest Central Gani menilai, saham ini masih terbilang murah di kisaran price earning ratio (PER) sebanyak 8 kali. Padahal, PE ritel sebanyak 9,2 kali dan PE telekomunikasi sebanyak 11 kali.

Kinerja Keuangan per 30 September 2008 Trikomsel untuk pendapatan sebesar Rp 4,1 triliun, di mana kontribusi ritel 37 persen atau sekitar Rp 1,5 miliar dan 63 persen atau sekitar Rp 2,6 miliar. (Rizki Caturini/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com