Penjualan Elektronik Ditargetkan Rp 11 Triliun

Kompas.com - 19/06/2009, 10:21 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com  - Klub pemasaran elektronik (EMC-Electronics Marketer Club) menargetkan penjualan produknya akan  meningkat 10 persen pada semester kedua 2009 menjadi sekitar Rp11 triliun dibanding periode yang sama 2008 Rp 9,28 triliun.

"Kami optimis dapat mencapai kenaikan penjualan 10 persen pada semester pertama 2009," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) EMC, Agus Soejanto di Jakarta, Jumat (19/6).

Agus mengatakan, pihaknya berupaya mempertahankan harga agar target pertumbuhan penjualan elektronik pada semester kedua (Juli-Desember) tercapai. Data EMC menunjukkan, total penjualan elektronik pada 2008 mencapai Rp 18,1 triliun, sedangkan pada semester pertama 2009 sebesar Rp 8,82 triliun.

Merujuk pada pergerakan kenaikkan tersebut, pihaknya optimis akan terjadi kenaikan pada semester kedua 2009, dengan catatan bahwa pelaku bisnis elektronik mampu menstabilkan harga.

Ia mengungkapkan, berdasarkan penjualan terakhir Mei 2009, pemasaran elektronik cukup memuaskan mencapai Rp 1,6 triliun. Padahal awalnya kalangan pedagang pesimis terhadap perkembangan pemasaran produknya, di mana mereka memprediksikan akan terjadi penurunan karena daya beli masyarakat turun akibat krisis keuangan global.

Jenis produk yang pertumbuhannya melonjak pada Mei 2009 antara lain didominasi televisi sebanyak 333.094 unit, kulkas (211.361), video/compact disk player" (DVD/CD) (189.477), mesin pompa air (133.406), alat pendingin ruangan (AC) sebanyak 115.495 unit dan mesin cuci 104.139 unit.

Agus berharap, pemerintah mendukung upaya menjaga pertumbuhan penjualan elektronik dengan memberikan stimulus ekonomi dan meredam fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS agar transaksi penjualan berjalan lancar serta menekan harga bahan baku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.