Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Century Berdampak Buruk bagi Perbankan

Kompas.com - 05/12/2009, 13:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kasus Bank Century yang menyita perhatian banyak pihak di negeri ini tidak hanya berpengaruh besar pada karut-marutnya kondisi hukum dan stabilitas politik, tetapi tentunya juga memberi dampak buruk pada kondisi ekonomi perbankan. Hal ini juga diakui oleh pengamat ekonomi, Hendri Saparani, ketika ditemui Kompas.com dalam acara diskusi mingguan MNC, "Polemik Prospek Ekonomi Indonesia 2010 Pascakasus Century", di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (5/12).

Menurut Hendri, kasus Century cukup berdampak buruk, terutama pada sektor riil perbankan karena telah memengaruhi kepercayaan para investor asing atau pelaku bisnis untuk menanamkan modalnya di Indonesia. "Kasus Bank Century dan Bibit-Chandra berpengaruh pada kepercayaan investor asing atau para pelaku bisnis. Mereka tentu khawatir kasus-kasus tersebut akan berkepanjangan dan para pelaku bisnis tentu tidak mau kalau harus terus bertindak wait and see," katanya.

Belum lagi, lanjut Hendri, masalah ini sudah diketahui oleh masyarakat luas. "Para pelaku bisnis asing sudah tahu isu-isu mengenai kebobrokan penerapan aturan di Indonesia. Bagaimana aturan-aturan bank sentral bisa diubah untuk mengegolkan sesuatu. Mereka sudah tahu ada yang tidak wajar di dalam Century dan LPS. Kalau tidak dituntaskan secepatnya, pasti akan mengganggu stabilitas perbankan ke depannya di 2010, terutama di sektor riil," ujarnya.

Oleh karena itu, dalam diskusi tersebut Hendri menyarankan Boediono (saat itu Gubernur BI) dan Sri Mulyani (Menkeu) sebagai pengambil kebijakan saat itu terhadap Bank Century harus mempertanggungjawabkannya sampai tuntas. Keduanya harus membuka semuanya secara transparan serta memberikan solusi alternatif di hadapan publik atau bahkan mengundurkan diri jika memang terbukti terlibat langsung dalam penyelewengan dana talangan Bank Century.

Hendri menambahkan bahwa jika kasus ini segera dituntaskan baik dari sisi hukum, politik, maupun finansialnya, akan berdampak sangat baik pada kredibilitas Indonesia di mata dunia. Alhasil, akan berpengaruh besar pada kemajuan ekonomi perbankan Indonesia pada tahun 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com