Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Iskan Akan Bereskan Krisis Listrik

Kompas.com - 22/12/2009, 19:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bos Grup Jawa Pos Dahlan Iskan mengatakan, dirinya bakal mengatasi masalah krisis listrik yang masih belum beres di Indonesia jika memimpin PT PLN nanti. Hal ini akan menjadi prioritas program kerjanya dalam dua tahun pertama. "Baru bisa dilaksanakan 2 tahun untuk mengatasi krisis listrik. Tidak hanya di Jakarta, tetapi di seluruh Indonesia," ujarnya kepada Kompas.com, di Jakarta, Selasa (22/12/2009).

Di samping itu, Dahlan  juga akan menekan jumlah subsidi yang dikucurkan pemerintah untuk kelistrikan. Caranya, dengan menekan biaya produksi listrik dan melakukan efisiensi. Dia mencontohkan, penghematan biaya produksi ini bisa dilakukan dengan cara melakukan konversi bahan bakar pembangkit listrik tenaga disel (PLTD) yang sebelumnya menggunakan solar ke gas.

"Ada PLTD salah makan. Seharusnya makan gas tetapi makan solar. Akan diganti itu," kata Dahlan.

Dia juga berupaya agar tidak ada kenaikan tarif dasar listrik (TDL) dalam satu tahun ke depan.

"Setidaknya satu tahun ke depan TDL enggak akan dinaikkan. Tetapi itu kan masalah politis ya. Mudah-mudahan tidak naik," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com