Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"White Campaign" untuk Hadapi FTA

Kompas.com - 28/12/2009, 12:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah bakal melakukan aksi terjun langsung ke lapangan atau melakukan kampanye putih (white campaign) untuk melakukan pengawasan peredaran barang-barang hasil perdagangan bebas (FTA) agar tidak lepas kontrol. Ini juga dilakukan untuk menghadapi FTA menekan banyaknya produk asing yang masuk ke Indonesia.

Demikian disampaikan Deputi Menko Perekonomian Bidang Industri dan Perdagangan Edy Putra Irawadi, saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Senin (28/12/2009). "Perlindungan itu kan bisa dengan white campaign untuk melakukan suatu pengawasan peredaran pasar," katanya.

Dia mencontohkan, kegiatan kampanye ini akan dilakukan dengan melihat produk-produk tersebut untuk memastikan tanggal kedaluwarsa, kemudian dilihat juga penggunaan bahasa Indonesia dalam produk asal China tersebut. "Dilihat juga apakah elektroniknya tidak sesuai dengan standar. Apakah dia pemasoknya tidak halal dan sebagainya," tuturnya.

Saat ini, pihaknya telah membentuk tim pengawasan untuk produk-produk hasil impor ini. Rencananya, tim ini akan diperkuat tahun 2010 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com