Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Korporasi Sokong Wall Street

Kompas.com - 03/03/2010, 07:55 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Saham-saham AS mempertahankan kecenderungan kenaikan pada Selasa (3/3/2010) waktu setempat atau Rabu pagi WIB setelah didukung peningkatan aktivitas korporasi dan penyurutan ketakutan terhadap krisis utang Yunani.
    
Dow Jones Industrial Average naik 2,19 poin (0,02 persen) pada penutupan perdagangan ke 10.405,98 karena indeks blue-chip menyerahkan sebagian keuntungan pada akhir perdagangan.

Indeks komposit Nasdaq menambahkan 7,22 poin (0,32 persen) menjadi 2.280,79, sementara pasar luas indeks Standard & Poor’s 500 naik tipis 2,60 poin (0,23 persen) ke penutupan sementara 1.118,31.

Para analis mengatakan bahwa pasar tetap yakin setelah menerima suntikan dari kegiatan merger dan akuisisi minggu ini. Langkah lain, Selasa, produsen pupuk CF Industries membuat tawaran baru untuk pesaing Terra Industries dalam sebuah kesepakatan senilai hampir 5 miliar dollar AS.

Jelas bahwa hal ini merupakan upaya untuk menggagalkan kesepakatan perusahaan Norwegia Yara International untuk bergabung dengan Terra Industries. "Sementara itu, ukuran keseluruhan kesepakatan CF-Terra tidak signifikan pada 4,73 miliar dollar AS, yang mirip sebuah perang penawaran dan mendorong penanda pemulihan untuk pelaku pasar saham," kata Patrick O’Hare dari Briefing.com.
    
Dia mengatakan, Wall Street Journal melaporkan pada Selasa bahwa Yunani akan memperkenalkan langkah penghematan baru 5,4 miliar dollar AS pada Rabu. Langkah tersebut seiring rencana mereka dalam mengeluarkan obligasi 10 tahun pada minggu ini dalam upaya menghimpun lima miliar euro (6,74 miliar dollar AS) yang menawarkan "dukungan" bagi pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com