Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggi, Kepercayaan UKM di Indonesia

Kompas.com - 26/07/2010, 11:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Survei Bank HSBC terhadap usaha kecil dan menengah (UKM) di 21 negara menunjukkan indeks kepercayaan UKM di Indonesia terus naik dengan stabil. Indeks setiap kuartal naik 2-5 poin sejak kuartal I-2009.

"Optimisme negara-negara Asia berada di wilayah positif dan bahkan meningkat, termasuk Indonesia yang naik dengan stabil," tutur Senior Vice President Business Banking HSBC Indonesia Winarti W di Penang Bistro Resto, Senin (26/7/2010).

Optimisme itu muncul di antara UKM Indonesia bukan tanpa alasan. HSBC mencatat sekitar 69 persen UKM di Indonesia berpandangan bahwa perekonomian Indonesia akan terus bertumbuh atau paling tidak berada pada level yang sama untuk enam bulan ke depan.

Dengan optimisme ini, sekitar 34 persen UKM berencana untuk meningkatkan investasi mereka dalam enam bulan ke depan dan sekitar 49 persen UKM akan mempertahankan investasinya. Menurut Winarti, pertambahan jumlah UKM yang ingin meningkatkan atau mempertahankan investasinya meningkat signifikan dari enam bulan sebelumnya.

Optimisme juga mendorong UKM berencana mempertahankan dan menambah jumlah tenaga kerjanya. Survei ini dilakukan pada 300 UKM di Indonesia dengan total aset antara Rp 1 miliar dan Rp 100 miliar per tahun yang bergerak, antara lain di bidang ritel, transportasi dan komunikasi, manufaktur, dan perhotelan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com