Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukisan Kaligrafi Jadi Media Dakwah

Kompas.com - 15/08/2010, 12:52 WIB

KUTA, KOMPAS.com — Jika biasanya dakwah lebih banyak dilakukan dengan berceramah di masjid atau melalui buku-buku agama, sejumlah seniman lukis di Seminyak, Kuta, Bali, berdakwah melalui cara yang unik. Dengan kemampuan lukis yang mereka miliki, para seniman yang juga penganut ajaran sufi ini menyampaikan dakwah melalui lukisan kaligrafi.

Para seniman ini berkumpul di sebuah galeri lukis bernama Sufi Art Gallery di Jalan Seminyak, Kuta, Bali. Selain melukis berbagai lukisan beraliran abstrak, seniman lukis sufi ini juga terketuk hatinya untuk melukis kaligrafi Islam yang mereka gunakan sebagai media untuk menyiarkan agama Islam.

Menurut Arif Billah, salah seorang seniman sufi, media dakwah bersifat universal dan bisa dilakukan dengan berbagai cara yang positif.  "Ini sebagian dari pengamalan saya saja, di samping dunia saya, agama saya, akhirat saya, sekalian ini maksudnya untuk dakwah, disampaikan walaupun bukan dengan lisan,” ujar Arif Billah, sembari meneruskan guratan cat di atas kanvas.

Kebanyakan lukisan kaligrafi ini bermuatan asmaul-husna atau nama-nama milik Allah yang indah dan baik. Nuansa minimalis dan realis sangat kental dalam sebuah lukisan kaligrafi karya seniman sufi ini.

Tidak hanya warga atau wisawatan lokal yang berkunjung ke Sufi Art Gallery ini, tetapi wisatawan asing pun banyak yang tertarik dengan lukisan-lukisan kaligrafi hasil karya mereka.

Harga sebuah lukisan kaligrafi pun bervariasi, mulai Rp 400.000 hingga Rp 5 juta, tergantung ukuran dan tingkat kerumitannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com