Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

31.006 Orang Melintas di Pelabuhan Merak

Kompas.com - 05/09/2010, 04:40 WIB

MERAK, KOMPAS.com — Arus mudik penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan Pelabuhan Merak pada H-6 mencapai 31.006 orang dan kendaraan roda empat dan dua sebanyak 5.770 unit.

"Saat ini penumpang dan kendaraan masih relatif normal," kata Uta (35), petugas pendataan di Pelabuhan Merak, Sabtu (4/9/2010).       Uta mengatakan, hingga kini belum ada lonjakan penumpang dan kendaraan pada arus mudik Lebaran 2010. Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-4 karena saat ini kondisi penumpang masih normal. Selama dua hari terakhir, katanya, Pelabuhan Merak sepi penumpang, baik penumpang pejalan kaki maupun kendaraan.

"Saya yakin arus mudik mulai ramai pada Minggu dini hari karena pegawai swasta di daerah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi sudah libur," katanya.       Berdasarkan data pukul 00.00 sampai 16.00 WIB jumlah penumpang arus mudik yang menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni 31.006 orang, terdiri dari penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan. Sedangkan, kendaraan roda dua, angkutan pribadi, truk, dan bus mencapai 5.770 unit.

"Jumlah penumpang dan kendaraan sebanyak itu masih dinyatakan normal dan tidak terjadi lonjakan arus mudik," katanya.       Pantauan pada Sabtu malam, suasana Pelabuhan Merak masih sepi dan tidak terjadi antrean kendaraan, lonjakan penumpang pejalan kaki, dan kepadatan kendaraan.       Bahkan, kapal roll on-roll of atau ro-ro tidak terjadi lonjakan penumpang dan kendaraan. Saat ini, lanjutnya, setiap kendaraan yang masuk Dermaga Pelabuhan Merak langsung naik ke atas kapal ro-ro.       "Saya kira arus mudik lebaran berjalan lancar dan tidak terjadi kepadatan penumpang dan kendaraan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com