Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta: Kenaikan TDL, Opsi Terakhir

Kompas.com - 24/09/2010, 16:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menko Perekonomian Hatta Rajasa menegaskan, kenaikan tarif dasar listrik atau TDL adalah opsi terakhir bagi pemerintah untuk diterapkan pada masa mendatang. Sebelum menjatuhkan pada pilihan terakhir, pemerintah akan berupaya menempuh sejumlah cara terlebih dahulu untuk memperbaiki sistem kelistrikan negara.

"Oya, memang yang diajukan itu, kenaikan TDL, merupakan opsi yang terakhir," katanya di sela-sela Munas Kadin VI di Jakarta Convention Center, Jumat (24/9/2010).

Hatta mengatakan, cara pertama yang akan ditempuh pemerintah adalah menurunkan biaya produksi pembangkit (BPP) untuk merealisasikan efisiensi, misalnya dengan menggunakan gas sebagai bahan bakar primer dan mengurangi penggunaan BBM. Kemudian, pemerintah juga akan menekan kemungkinan kebocoran dan menangani masalah yang langsung terkait TDL.

Hatta berjanji akan mempercepat pengembangan bahan bakar gas, salah satunya dengan mempercepat pembangunan receiving terminal agar liquid natural gas (LNG) bisa masuk dengan lancar. "BBM jadi nanti akan diganti, jadi ada gasifikasi," ungkapnya.

Pemerintah, lanjut Hatta, juga akan mengembangkan penggunaan bahan bakar batu bara yang tentunya dapat menurunkan biaya. Hatta menambahkan, pemerintah akan mempercepat penyelesaian proyek 10.000 megawatt dan proyek 2 x 10.000 megawatt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com