Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah... Sedan BMW Didaftar sebagai Truk

Kompas.com - 27/09/2010, 20:13 WIB

KOMPAS.com — Bagaimana tidak dibilang akal-akalan kalau sebuah sedan mewah BMW ternyata terdaftar sebagai truk Mitsubishi? Inilah yang antara lain terjadi di Batam, dan menunjukkan betapa mobil-mobil mewah impor terbukti berdokumen palsu alias bodong.

Kesimpulan ini merupakan salah satu hasil penyidikan sementara Badan Reserse Kriminal Mabes Polri yang turun ke Batam sejak Kamis lalu.

Direktur I Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Brigjen (Pol) Usman Nasution menjelaskan hal tersebut dalam jumpa pers di Markas Kepolisian Daerah Kepulauan Riau di Kota Batam, Senin (27/9/2010). Usman mendampingi Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Iskandar Hasan.

Menurut Usman, dari hasil pengecekan sejumlah mobil, terbukti ada perbedaan antara fisik mobil dan formulir B. Formulir B adalah formulir yang dikeluarkan Kantor Bea dan Cukai dan menjadi salah satu dokumen pendukung dalam pengurusan surat-surat kendaraan bermotor.

Contohnya, sebuah mobil sedan BMW terdata di formulir B sebagai truk Mitsubishi. Ada pula sebuah mobil sedan Mercedez terdata di formulir B sebagai Honda Accord. Ada pula mobil keluaran pabrik di atas tahun 2004. Namun, tahun pemasukan ke Batam pada dokumennya menyebutkan tahun 2003.

"Jadi, kalau mengacu data itu, mobil sudah masuk ke Batam, sementara pabriknya belum memproduksinya," kata Usman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com