Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Setuju Bank Mandiri di Shanghai

Kompas.com - 08/11/2010, 20:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah China akhirnya menyetujui permintaan pemerintah Indonesia untuk membuka cabang Bank Mandiri di Shanghai, China.

Hal itu diungkapkan Wakil Menteri Luar Negeri China Zhang Zhiyun, yang mendampingi Ketua Parlemen China Wu Banggwo menemui Wakil Presiden Boediono di Istana Wapres, Jakarta, Senin (8/11/2010). "Setelah diteliti, kami menyetujui pembukaan kantor cabang Bank Mandiri di Shanghai," tandas Zhang.

Pada kunjungannya ke Beijing, China, 17-21 Oktober lalu, seusai bertemu Perdana Menteri (PM) China Wen Jiabau, Wapres Boediono mengakui mengingatkan Wen Jiabau untuk mempertimbangkan permintaan pembukaan cabang Bank Mandiri di Shanghai. "Pembukaan cabang Bank of China dan bank lainnya di Jakarta sudah kami akomodasi, dan kami menunggu persetujuan pemerintah China atas pembukaan Bank Mandiri," ujar Wapres waktu itu.

Pada bagian lain, Zhang juga menyatakan, dalam kunjungannya sekarang ini ke Indonesia, pihaknya membawa sejumlah pengusaha yang akan menandatangani investasi di berbagai bidang di antaranya pendanaan untuk infrastruktur senilai 6,6 miliar dollar AS. "Tindak lanjut komitmen investasi itu masih akan dibicarakan lebih rinci antara kementerian perdagangan dua negara," papar Zhang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com