PepsiCo Beli Perusahaan Susu Rusia

Kompas.com - 03/12/2010, 13:59 WIB
EditorErlangga Djumena

RUSIA, KOMPAS.com - Produsen minuman ringan PepsiCo membeli 66 persen saham perusahaan pembuat susu dan minuman buah asal Rusia, Wimm-Bill-Dann, senilai 3,8 miliar dollar AS.

PepsiCo juga menyebut akan membeli sisa saham Wimm-Bill-Dann jika kesepakatan awal ini sudah terselesaikan. Kesepakatan ini merupakan investasi asing terbesar PepsiCo di Rusia, di luar sektor energi.

"Wimm-Bill-Dann adalah bisnis yang luar biasa dengan peluang yang signifikan," ujar Zein Abdalla dari PepsiCo Eropa.

Dengan cara ini, PepsiCo akan menjadi perusahaan makanan dan minuman terbesar di Rusia. Sekaligus menjadikannya pemimpin pasar di negara yang bisnis susunya berkembang pesat itu, serta membangun posisinya di pasar utama di kawasan Eropa Timur dan Asia Tengah.

Selanjutnya, dengan kesepakatan pembelian saham itu PepsiCo berharap pendapatan tahunan meningkat hingga 13 miliar dollar AS. Cara ini juga sebagai jalan untuk mencapai tujuan strategisnya yaitu membangun bisnis gizi senilai 30 miliar dollar AS pada 2020.

Kepala Wimm-Bill-Dann, Sergei Plastinin, juga menyatakan kesepakatan itu sebagai salah satu yang bersejarah bagi kedua perusahaan dan negara. Kesepakatan tercapai setelah tiga minggu proses negosiasi.

"Wimm-Bill-Dann dimulai 18 tahun yang lalu dengan beberapa karyawan yang berbasis di satu ruangan. Hari ini kami memiliki lebih dari 16.000 orang dan 38 fasilitas produksi," kata Sergei. (Dupla Kartini/Kontan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.