IMF Jual Emas, Harganya Langsung Naik

Kompas.com - 22/12/2010, 15:38 WIB
EditorErlangga Djumena

SINGAPURA, KOMPAS.com — Harga emas mengalami kenaikan setelah Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan sudah merampungkan penjualan sebanyak 403,3 metrik ton emas atau setara dengan 13 persen cadangan emasnya. Aksi ini memang sudah diumumkan pada September 2009.

"Penjualan emas dilakukan sebagai upaya perlindungan atas penurunan yang terjadi di pasar emas," ungkap IMF dalam siaran pers resminya. Penjualan dilakukan terhadap bank sentral dan pelaku pasar lainnya. Dia juga menjelaskan, seluruh emas dijual sesuai dengan harga pasar, termasuk penjualan langsung kepada staf IMF.

Setelah berita tersebut dirilis, pagi tadi, kontrak harga emas untuk pengantaran cepat naik 0,4 persen menjadi 1.391,02 dollar AS per troy ounce. Pada pukul 12.06 waktu Singapura, kontrak yang sama diperdagangkan di posisi 1.389,45 dollar AS. "Pasar menanggapi positif langkah IMF," ungkap Peter Richardson, Chief Metals Economist dari Morgan Stanley di Melbourne.

Dengan demikian, sepanjang tahun ini, harga emas sudah naik 27 persen dan sempat menembus rekor baru di posisi 1.431,25 dollar AS per troy ounce pada bulan ini. Harga emas juga masih diprediksi bullish untuk 10 tahun ke depan.

Upaya bank sentral di sejumlah negara dalam membeli emas ditujukan sebagai upaya untuk mendiversifikasi cadangannya di luar mata uang sehingga berkontribusi terhadap kenaikan harga emas.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X