Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMF Jual Emas, Harganya Langsung Naik

Kompas.com - 22/12/2010, 15:38 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com — Harga emas mengalami kenaikan setelah Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan sudah merampungkan penjualan sebanyak 403,3 metrik ton emas atau setara dengan 13 persen cadangan emasnya. Aksi ini memang sudah diumumkan pada September 2009.

"Penjualan emas dilakukan sebagai upaya perlindungan atas penurunan yang terjadi di pasar emas," ungkap IMF dalam siaran pers resminya. Penjualan dilakukan terhadap bank sentral dan pelaku pasar lainnya. Dia juga menjelaskan, seluruh emas dijual sesuai dengan harga pasar, termasuk penjualan langsung kepada staf IMF.

Setelah berita tersebut dirilis, pagi tadi, kontrak harga emas untuk pengantaran cepat naik 0,4 persen menjadi 1.391,02 dollar AS per troy ounce. Pada pukul 12.06 waktu Singapura, kontrak yang sama diperdagangkan di posisi 1.389,45 dollar AS. "Pasar menanggapi positif langkah IMF," ungkap Peter Richardson, Chief Metals Economist dari Morgan Stanley di Melbourne.

Dengan demikian, sepanjang tahun ini, harga emas sudah naik 27 persen dan sempat menembus rekor baru di posisi 1.431,25 dollar AS per troy ounce pada bulan ini. Harga emas juga masih diprediksi bullish untuk 10 tahun ke depan.

Upaya bank sentral di sejumlah negara dalam membeli emas ditujukan sebagai upaya untuk mendiversifikasi cadangannya di luar mata uang sehingga berkontribusi terhadap kenaikan harga emas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com