Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan MICE Sumber Devisa

Kompas.com - 21/02/2011, 21:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Asosiasi Pengusaha Pameran Indonesia (Asperapi) Siti Hartati Murdaya mengatakan MICE mengalami terus peningkatan. Dalam hal ini terutama di bidang pameran sebagai industri baru terbukti telah memberikan konstribusi yang signifikan bagi devisa negara. Ia mengungkapkan hal tersebut pada jumpa pers Munas Asperapi di JIExpo, Jakarta.

Wisatawan MICE, terutama wisatawan asing yang datang untuk pameran umumnya wisatawan yang berkantong tebal. Mereka biasa menghabiskan dana belanja dalam jumlah yang jauh lebih besar dibanding wisatawan leisure. Karena itu, Hartati berharap pemerintah memperhatikan industri pameran tersebut.

Ia mengatakan meski menunjukan grafik yang terus meningkat tiap tahun, bukan berarti industri ini tanpa kendala. Ia kemudian menggambarkan belum kelarnya masalah PP 23 tentang Bea Cukai adalah sebagai bukti bahwa dukungan pemerintah masih setengah hati terhadap industri ini.

"Bea cukai untuk industri pameran disamaratakan dengan bea cukai untuk industri besar. Padahal, ini adalah dua sisi yang berbeda dan tidak dapat disamakan. Ini artinya, pemerintah melalui direktoratnya, belum memahami MICE, terutama di industri pameran," ungkapnya.

Kendala lainnya adalah skill management. Maju dan berkembangnya industri pameran sebenarnya tidak dapat diukur dari peranan asosiasinya saja. Namun, peran serta Exhibition Organizer pun sangat dibutuhkan. Menurutnya, justru EO yang bisa menentukan sebuah pameran terlaksana dengan baik atau tidak.

"Ini tentu terkait dengan SDM pameran di masing-masing perusahaan penyelenggara," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com