Harga Emas Bisa Sentuh 1.500 Dollar AS

Kompas.com - 22/02/2011, 08:22 WIB
EditorErlangga Djumena

LONDON, KOMPAS.com - Kontrak harga emas melonjak di atas level 1.400 dollar AS per troy ounce (1 troy ounce = 31,10 gram). Ini merupakan level harga tertinggi dalam tujuh minggu terakhir. Gejolak politik Timur Tengah yang kian memanas menjadi pemicu utamanya. Pelaku pasar cemas, kondisi itu akan mendongkrak tingkat inflasi sehingga permintaan emas pun mengalami kenaikan.

"Adanya gejolak di Timur Tengah dan kecemasan inflasi terus mendorong pergerakan harga logam, khususnya emas dan perak," jelas James Moore, analis TheBullion.com di London.

Asal tahu saja, pada pukul 13.30 waktu London, kontrak harga emas untuk pengantaran cepat berada di posisi 1.401,75 dollar AS per troy ounce. Bahkan sebelumnya, kontrak yang sama ditransaksikan dengan kenaikan 14,22 dollar AS atau 1 persen menjadi 1.403,75 dollar AS per troy ounce.

Jika dilihat, harga emas sudah melesat selama enam hari berturut-turut. Sementara, kontrak harga emas untuk pengantaran April naik 1 persen menjadi 1.402,20 dollar AS per troy ounce di Comex, New York.

Lonjakan juga terjadi pada kontrak harga perak. Kontrak harga perak untuk pengantaran cepat naik 2,7 persen menjadi 33,5175 dollar AS per troy ounce, tertinggi sejak Maret 1980.

"Harga emas, perak, platinum, dan palladium terus menanjak seiring krisis politik yang kian memburuk di Timur Tengah. Saya tidak heran jika harga emas akan naik di atas 1.500 dollar AS dalam beberapa bulan ke depan," jelas Hwang Il Doo, trader KEB Futures Co. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.