Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kompas Ekstra", Sisipan Harian "Kompas"

Kompas.com - 28/02/2011, 09:41 WIB

INVESTASI! Ya, itulah tema pertama yang kita bahas dalam laporan khas Kompas Ekstra edisi perdana yang diterbitkan harian Kompas. Perkembangan kehidupan modern yang kompleks menuntut orang berpikir bagaimana mempersiapkan masa depan mereka.

Bagaimana menyiapkan biaya pendidikan anak yang kian mahal dan bergerak seperti deret ukur. Bagaimana melakukan lindung nilai terhadap kekayaan yang tergerus inflasi. Saatnya orang berpikir bagaimana mencapai kebebasan finansial di hari tua. Investasi menjadi keharusan!

Tapi, apa itu investasi? Perencana keuangan Elvyn G Masassya mengingatkan perbedaan antara investasi dan spekulasi. Benjamin Graham, penulis buku The Intelligent Investor, menulis, "Tindakan investasi adalah tindakan yang, melalui analisis menyeluruh, menjanjikan keamanan dana pokok dan memberikan keuntungan memadai. Tindakan yang tidak memenuhi persyaratan itu berarti tindakan spekulatif."

Masalahnya, di Indonesia, kerap orang terjebak dalam tindakan melakukan investasi, tapi sebenarnya mereka berspekulasi. Orang cepat tergiur mendapatkan keuntungan besar dalam tempo singkat. Padahal, dalam dunia investasi dikenal high risk high return. Semakin tinggi potensi keuntungan, semakin tinggi pula potensi risiko. Cukup banyak pula korban dari investasi bodong.

Benjamin Graham, yang bukunya dipuji sebagai kitab suci dalam berinvestasi oleh Warren Buffet, menyebutkan beberapa panduan melakukan investasi. Pertama, "tahu apa yang Anda lakukan dan pahami bisnis Anda".

Kedua, "Jangan biarkan orang lain menjalankan bisnis Anda kecuali (1) Anda bisa menyelia kinerjanya dengan perhatian dan pemahaman yang memadai atau (2) Anda punya alasan kuat untuk percaya penuh pada integritas dan kemampuannya".

Ketiga, "Jauhi bisnis yang di dalamnya Anda punya peluang rugi lebih besar ketimbang untungnya". Dan keempat, "Yakinlah akan pengetahuan dan pengalaman Anda. Jika Anda telah mengambil kesimpulan dari berbagai fakta dan jika Anda tahu bahwa penilaian Anda sudah tepat, bertindaklah—walaupun orang lain masih ragu dan tidak setuju".

Laporan bertema "Investasi" yang diterbitkan Kompas merupakan respons kami atas kebutuhan pembaca yang spesifik yang muncul dalam berbagai pertemuan. Tak ada keinginan kami memberikan preferensi portofolio yang harus diambil pada tahun 2011 karena toh semua portofolio mempunyai risiko dan tak semua kinerja sukses portofolio tahun lalu akan sama dengan tahun sekarang. Yang perlu kita ingat dalam investasi adalah don't put your eggs into one basket.

Laporan khas berciri, informatif, edukatif interaktif, kritis, serta free paper itu dirancang tak lekang oleh waktu dan menjadi bagian dari Kompas. Setiap bulan berganti tema dan diharapkan bisa jadi rujukan ketika Anda membutuhkannya. Selamat menikmati. Masukan Anda sangat berarti bagi kami. BUDIMAN TANUREDJO

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com