Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipengaruhi Impor, Harga Pangan Turun

Kompas.com - 08/03/2011, 08:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menurut laporan pemantauan harga kementerian perdagangan, harga pangan berangsur-angsur turun. Harga beras rata-rata nasional turun dari Rp 7.376 per Kg pada Januari menjadi Rp 7.279 per Kg pada awal Maret. Harga cabai rawit merah juga turun dari 74.935 per Kg menjadi Rp 72.000 per Kg.

Penurunan tersebut dipengaruhi oleh kebijakan impor pangan yang saat ini gencar dilakukan pemerintah. Berdasarkan data kementerian perdagangan, realisasi impor beras tahun 2010-2011 per 2 Maret mencapai 1,26 juta ton dari target 1,898 juta ton beras.

Selain beras, tahun ini pemerintah juga mengimpor cabai sebanyak 15.000 ton, kedelai sekitar 1,7 juta ton per tahun, serta impor bawang merah dari Vietnam dan Thailand. Data Badan Pusat Statistik menunjukkan sepanjang Januari 2011, total impor bawang merah mencapai 17,25 juta Kg. Angka tersebut melonjak 264 persen bila dibandingkan dengan realisasi impor Desember 2010 di kisaran 4,88 juta K g.

Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Deddy Saleh mengatakan sebenarnya pihaknya tidak mendukung kebijakan impor. Namun karena kebutuhan dalam negeri tidak bisa dipenuhi dari stok yang ada maka impor menjadi langkah terakhir. "Kalau masih bisa dipenuhi sendiri impor tidak diperlukan lagi," tegasnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com