Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Makin Perkasa

Kompas.com - 21/03/2011, 11:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Senin (210/3/2011)  pagi melanjutkan penguatan sebesar 17 poin.

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS awal pekan ini naik menjadi Rp 8.748 dibanding hari sebelumnya Rp 8.765.

Pengamat pasar uang Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih di Jakarta, Senin mengatakan, sentimen investor pasar uang membaik setelah pertemuan G7 yang menyepakati untuk membantu menahan laju penguatan yen.

Sementara nilai tukar Asia di luar yen menguat termasuk Rupiah. "Sentimen pasar mulai membaik disertai dengan harga minyak yang turun akan menjadi faktor positif pasar Asia hari ini termasuk Rupiah," katanya.

Ia menambahkan, nilai tukar rupiah menunjukkan masih mempunyai ruang untuk melanjutkan penguatan, modal asing yang masuk ke Indonesia merupakan faktor utama penguatan Rupiah tersebut.

Pada jangka menengah Rupiah masih mempunyai ruang penguatan dan data Institute of International Finance (IIF) yang disampaikan Bank Indonesia menyebutkan, potensi dana asing yang masuk ke "emerging market" Asia diperkirakan mencapai 400 miliar dollar AS pada tahun ini.  "Dari jumlah tersebut sekitar 15 miliar akan masuk ke Indonesia," katanya.

Potensi ini akan membuat nilai tukar rupiah masih akan terus menguat. Jika sejumlah dana asing tersebut terealisasi, nilai tukar rupiah bisa mencapai level Rp 8.500-Rp 8.600 per dollar AS. "Kami perkirakan Rupiah berpeluang menembus penguatan yang lebih tajam, tetapi juga mengantisipasi sentimen investor global," katanya.

Sementara, bursa saham Asia juga menguat, begitu juga indeks harga saham gabungan (IHSG) dibuka naik ke level 3.500.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com