Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joko Shintono, Spesialis Penjual Pikap

Kompas.com - 23/03/2011, 08:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada yang unik saat Kompas.com berkunjung ke pusat jual-beli mobil bekas (mobkas) di WTC Mangga Dua, Jakarta Utara. Sebagian besar pedagang menawarkan produk MPV, SUV atau sedan, tapi di lantai 8 ada satu showroom bernama Bob Auto menspesialisasikan menjual pikap 4x4 bekas.

"Kami memang khusus menjual pikap 4x4, baik yang kabin tunggal atau ganda untuk semua merek, mulai dari Mitsubishi, Ford, Isuzu, Nissan, dan lain-lain," jelas Joko Shintono saat dijumpai Kompas.com di showroom-nya, kemarin (22/3).

Mayoritas produk yang dijual produksi 2004 ke atas yang diperoleh dari beberapa perusahaan pertambangan di seluruh Indonesia. Sebelum dipasarkan, kendaraan direkondisi, minimal mesin, kaki-kaki dan bodi serta diberi aksesoris seperti dari velg, lampu atas sampai pemasangan snorkle supaya terlihat lebih macho. "mayoritas sudah dimutasi ke plat B (Jakarta), semua ini minimal habis sampai Rp60-80 jutaan," beber Joko.

Tampil Beda Joko mengaku sengaja memilih menjadi spesialis penjualan pikap bekas lantaran makin ketatnya persaingan usaha mobkas di Jakarta. Meski tak punya konsumen sebanyak mobil-mobil keluarga (MPV, SUV dan sedan), ia cukup puas dengan pasar yang ada.

"Selama usaha pertambangan masih ada, potensi pasar pikap 4x4 masih besar. Rata-rata kami bisa jualan 4 unit per bulan, skema konsumennya 50:50 antara pribadi maupun yang mau untuk usaha," ujarnya.

Konsumen bisa juga memesan pikap 4x4 bekas sesuai keinginannya, tapi dengan catatan perlu kesabaran ekstra. Pasalnya, jumlah unit yang tak terlalu besar di Indonesia membuat perlu waktu menunggu.

Joko menerangkan, waktu persiapan unit sangat tergantung dari kondisi di lapangan. "Jika kebetulan model yang diinginkan ada, butuh waktu minimal 1-2 bulan untuk persiapan sampai mobil itu siap tinggal pakai," beber Joko.

Nah, jika Anda memang tertarik punya pikap 4x4, bisa berkunjung ke lokasi ini. Sedikit buat patokan, harga jual yang ditawarkan sekitar Rp150 juta sampai Rp270 juta per unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com