Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinergi BNP2TKI-Kemenlu Ditingkatkan

Kompas.com - 25/03/2011, 08:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat mengatakan, upaya perlindungan TKI di luar negeri oleh BNP2TKI bekerjasama Kementerian Luar Negeri maupun Perwakilan RI akan dihadapkan berbagai tantangan yang kian kompleks dan beragam.

"Itu sebabnya, dirasakan perlu meningkatkan sinergi yang lebih efektif sekaligus solid," ujar Jumhur di Jakarta, Kamis (24/3/2011).

Dikatakan, Kemenlu melalui Perwakilan RI di luar negeri baik Kedutaan Besar RI atau Konsulat Jenderal RI memiliki peran utama dalam melindungi TKI yang bekerja di berbagai negara. "BNP2TKI justru menjalankan tugas perlindungan TKI berkoordinasi sepenuhnya dengan Kemenlu, khususnya Perwakilan RI di luar negeri," kata Jumhur.

BNP2TKI, lanjut Jumhur, juga menilai hubungan kerjasama dengan pihak Kemenlu serta Perwakilan RI berjalan cukup baik terkait aspek perlindungan TKI dan untuk keperluan pendataan TKI yang tersebar di luar negeri.

"Bahkan, kegiatan pemulangan para TKI overstay atau TKI bermasalah ke tanah air yang dilaksanakan secara bertahap, juga tak bisa dilepaskan adanya harmoni antara BNP2TKI-Kemenlu yang telah tercipta selama ini," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com