Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Mobil Bekas Naik!

Kompas.com - 31/05/2011, 09:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Keterbatasan stok mobil baru di dealer menyebabkan penjualan mobil bekas atau second bergerak naik. Hal itu mulai terjadi pada April lalu.

Herjanto Kosasih, Manajer Pemasaran Senior Pusat Penjualan Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan, lonjakkan pembelian mulai terjadi April lalu, dengan jumlah transaksi 2.100 unit. Ia menambahkan, penjualan akan mencapai rekor tertinggi pada Mei ini dengan peningkatan 20 persen.

"Sampai hari ini (30/5/2011), total penjualan sudah tercatat 2.473 unit. Dipastikan akhir bulan akan tembus 2.500 unit. Ini rekor baru," lanjut Herjanto.

Aksi pembelian mobil bekas tidak hanya dilakukan konsumen yang kesulitan mendapatkan mobil baru, tetapi juga mobil menjelang Lebaran. "Karena lebaran jatuh pada awal September, pembeli mobil bekas dari daerah sekarang sudah mulai mencari barang," kata Herjanto.  

Mobil 88
Sementara itu, Leovan Widjaja, General Manager Mobil 88, mengaku penjualan terus naik pada empat bulan pertama 2011, yaitu sekitar 10-15 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Kendati demikian, Mobil 88 juga tidak mudah mendapatkan pasokan saat ini. Pasalnya, stok mobil baru di dealer sangat terbatas. Akibatnya, sejumlah konsumen yang ingin ganti mobil memilih menunda menjual mobilnya.

"Mereka urung menjual mobil. Pasokan mobil bekas juga jadi sangat terbatas. Kami kesulitan mencari mobil untuk mengisi stok. Inilah yang menyebabkan kenaikkan penjualan tidak terlalu besar," beber Leovan, yang mengatakan bahwa penjualan dan harga mobil bekas sudah naik sejak Maret 2011.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com