Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lotte Bakal Beroperasi di Ciputra World Jakarta

Kompas.com - 03/06/2011, 18:47 WIB
EditorRobert Adhi Kusumaputra

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Ciputra Adigraha – anak perusahaan PT Ciputra Property Tbk - menandatangani perjanjian sewa dengan PT Lotte Shopping Plaza Indonesia. Dalam perjanjian tersebut, PT Lotte Shopping Plaza Indonesia –– anak perusahaan Lotte Shopping Co. – menyewa dan mengelola seluruh area di mal Ciputra World Jakarta selama 20 tahun. Area mal seluas 130.000 m2 ini salah satu bagian dari kawasan superblok Ciputra World Jakarta yang sedang dibangun di pusat bisnis Jakarta, Jl Prof Dr Satrio.

Lotte Group mulai beroperasi di Indonesia dengan mengakuisisi PT Makro Indonesia menjadi Lotte Mart, hipermarket yang berkembang cepat dimana saat ini sudah membuka 21 gerai di Indonesia. Melanjutkan sukses membuka hipermarket, kini Lotte menghadirkan Lotte Department Store ke Indonesia yang pertama di Ciputra World Jakarta. “Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi yang menjanjikan bagi bisnis retail”, demikian penilaian Mr. Park Keum Soo, Direktur Lotte Shopping Co.

Lotte Group merupakan group ritel terbesar di Korea Selatan dan merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Saat ini Lotte Group telah beroperasi di sembilan negara, termasuk Korea Selatan, Jepang, Vietnam, China, Indonesia dan Rusia. Lini bisnis group ini termasuk retel, makanan dan minuman, pariwisata, petrokimia, konstruksi dan manufaktur. Di sektor ritel, Lotte memiliki dan mengelola Lotte Department Store, Lotte Mart, Lotte Super, Lotte Duty Fee Store dan Lotte Home Shopping. Di kawasan pusat bisnis Seoul, Lotte memiliki Lotte Department Store yang menyediakan brand-brand terkenal seperti Louis Vuitton, Hermes, Gucci dan lain-lain.

“Kami merasa senang dengan kesempatan membuka Lotte Department Store di Ciputra World Jakarta, yang merupakan salah satu superblok terbaik di Jakarta”, kata Mr. Suh Chang Suk, Presiden Direktur PT Lotte Shopping Plaza Indonesia. “Selain membuka Department Store kami sendiri dan beberapa ritel lainnya dari Group, kami juga akan bekerja sama dengan pemain retail lain yang telah sukses di Indonesia untuk menciptakan paradigma baru dalam pengalaman berbelanja di Jakarta," kata Suh Chang Suk.

Mal di Ciputra World diharapkan dapat beroperasi di semester kedua tahun 2012. Mal ni akan berdampingan dengan fasilitas lain di Ciputra World seperti all suite hotel Raffles, apartemen myHome serta Raffles Residence, gedung perkantoran Ciputra World, serta Ciputra Artpreneur Centre yang terdiri dari museum seni dan theatre.

Candra Ciputra, Direktur Utama Ciputra Group, menyambut baik kehadiran Lotte Group. “Lotte memiliki prestasi yang meyakinkan dan melayani high end market yang sesuai dengan Ciputra World. Mal ini akan menjadi tujuan yang penting di Jl. Prof. Dr. Satrio yang rencananya akan menjadi sabuk perdagangan dan belanja Jakarta," kata Candra.

Todd Lauchlan, Country Head dari Jones Lang LaSalle, mengungkapkan, “Transaksi ini menunjukkan komitmen dan keyakinan Lotte akan pasar ritel Indonesia, dan pembangunan superblok kelas dunia Ciputra World Jakarta yang dibangun oleh Ciputra Group, perusahaan pengembang terkemuka di Indonesia.”

Jones Lang LaSalle sangat optimis akan kekuatan pasar real estate di Jakarta dan bagian lain di seluruh kepulauan Indonesia, karena didukung kebutuhan investasi yang didorong oleh pertumbuhan ekonomi serta meningkatnya kelas menengah dengan kondisi politik yang stabil. “Kami mengantisipasi lebih banyak lagi retailer asing yang akan masuk ke pasar Indonesia.” katanya.   PT Ciputra Property Tbk (CTRP) adalah perusahaan terbuka yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejak 7 November 2007, berfokus pada pengembangan properti komersial di kota-kota besar di Indonesia.

Saat ini CTRP memiliki lima proyek yang telah beroperasi dengan hasil yang cemerlang, yaitu Mal Ciputra Jakarta, Hotel Ciputra Jakarta, Mal Ciputra Semarang, Hotel Ciputra Semarang dan Somerset Grand Citra Apartment. CTRP sedang mengembangkan Ciputra World Jakarta, superblok yang dibangun di atas tanah seluas 5,5 ha di Jl. Prof. Dr. Satrio yang terdiri dari sebuah mal seluas 130.000 m2, 174 kamar Raffles Hotel, 136 unit kondominium myHome, 64.000 m2 gedung kantor Grade-A, 170 unit apartemen servis, 88 unit apartemen mewah Raffles Residences dan Ciputra Artpreneur Centre yang terdiri dari art museum dan auditorium dengan kapasitas 1.200 orang. Di samping Ciputra World Jakarta, CTRP masih memiliki 2 lahan tanah lain sepanjang Jl. Prof. Dr. Satrio dengan total luas area sebesar 5.5 ha.

Tentang Lotte Department Store dan Lotte Shopping Co. Ltd. Sejak pembukaannya di tahun 1979, Lotte Department Store telah memajukan industri retail secara keseluruhan di Korea dengan menampilkan lingkungan belanja yang nyaman, produk berkualitas tinggi, sistem penanganan perdagangan terkini, juga layanan pelanggan paling baik dan ramah.

Tanpa mengacu kepada besar kecilnya toko dan pendapatan, Lotte Department Store telah menjadi perusahaan terkemuka dan paling representatif di sektor sirkulasi perdagangan Korea. Lotte Department Store telah membuka 30 toko di Korea, dan tiga di negara lain (Moskow, Beijing, Ho Chi Minh). Empat proyek lain sedang dalam pengerjaan (Tianjin dan Shenyang di China, Hanoi di Vietnam, dan Russia). Group ini menguasai 43,4 persen dari keseluruhan pangsa pasar Korea.

Lotte Retail adalah perusahaan sirkulasi perdagangan Korea pertama yang masuk ke dalam daftar sistem evaluasi DJSI (Dow Jones Sustainability Index) di tahun 2009. Dow Jones Sustainability Index menaksir kemampuan ketahanan perkembangan enterprise dari perspektif investasi, dengan mempertimbangkan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Saat ini, hanya 9 perusahaan sirkulasi perdagangan di dunia yang sudah masuk ke sistem DJSI.

Untuk negara Korea, Lotte Department Store adalah perusahaan yang pertama kali masuk ke dalam sistem evaluasi DJSI.  Di tahun 2009 dan berlanjut hingga tahun 2010, Lotte terpilih sebagai DJSI Retail Section "Supersector Leader"  (World Retail Sector No.1 Company). Pada tahun 2010, Lotte retail terpilih sebagai vendor retail no. 1 di Asia oleh majalah ekonomi dunia, Forbes dan juga terpilih sebagai department store ranking 6 di dunia tahun 2011.  (KSP)  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+