Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edan! VW Samba Berbanderol Rp 1,8 Miliar

Kompas.com - 28/06/2011, 15:59 WIB

ORANGE COUNTY, KOMPAS.com — Sebuah VW Kombi dipasarkan oleh lembaga lelang Barrett-Jackson di Amerika Serikat. Harga VW yang punya sebutan "Samba" ini sungguh spesial, yaitu 217.800 dollar AS atau setara Rp 1,8 miliar.

Sejumlah faktor membuat VW ini memiliki harga nyaris setara dengan Lamborghini Gallardo edisi atap terbuka keluaran 2011. Pertama, mobil yang dikategorikan sebagai Type 1 tersebut memiliki 23 bilah jendela. Bentuk yang cenderung langka untuk VW bus buatan tahun 1960-an, apalagi dalam kondisi serapi ini.

Warna tikus abu-abu dan putih balsam itu pula yang membuat bus kecil ini berbanderol demikian. Pasalnya, ini adalah warna otentik yang sudah sangat langka. VW bus direstorasi dengan kualitas sangat tinggi, bahkan pabrik di Jerman memiliki dokumentasi lengkap untuk mendukung keotentikannya.

Poin-poin lainnya mencakup pula warna interior yang juga abu-abu, pengait asli, handel dengan asbak, besi-besi rak di bagasi yang terpasang dengan sempurna, langit-langit lipat (sunroof), spidometer, jam, dan radio asli.

Bagian luar-dalam, bawah-atas, semua dalam kondisi prima, termasuk mesin 1.500 cc empat silinder yang tersimpan di buritan. Lajunya diklaim tak ada bedanya ketika mobil ini baru diproduksi.

Oleh karena itu, tidak heran jika menurut riwayatnya, "mobil roti" bertransmisi manual tersebut pernah meraih penghargaan The VW Classic dari acara tahunan VW di Amerika Serikat. Pihak pelelang berani mengembel-embelinya dengan cap "kualitas museum".

Satu informasi lainnya, ternyata VW Samba tersebut sudah terjual dengan pembeli yang tidak disebutkan namanya. (Dimas)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com