Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Ban Gajah Tunggal Naik 17 Persen

Kompas.com - 08/07/2011, 14:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Naiknya pasar mobil di Indonesia, juga dinikmati produsen ban GT Radial,  PT Gajah Tunggal Tbk yang mengalami kenaikan 17 persen, baik domestik maupun ekspor, menjadi 5,6 juta-5,7 juta sepanjang semester pertama 2011. Peningkatan sektor ekspor, khususnya pada negara yang pasar otomotif berkembang seperti Brasil, Rusia, India dan China (BRIC) yang menopang penjualan produsen ban nasional terbesar itu.

Arijanto Notorahardjo, General Manager Marketing PT Gajah Tunggal Tbk menjelaskan, pertumbuhan pasar masih terus berlangsung terutama di pasar ekspor karena ada musim dingin (winter) sehingga menciptakan pasar baru untuk periode November-Februari 2012. Khusus ban winter, lanjutnya, ada tambahan penjualan sekitar 1 jutaan khusus negara-negara Eropa

"Target penuh kami tahun ini dipatok 13,5 juta unit naik dari tahun lalu cuma 11,3 juta unit," beber Arijanto di Kemang, Jakarta Selatan, kemarin.

Dari total, lanjut Arijanto, penjualan GT Radial masih didominasi untuk pasokan pasar ekspor dengan komposisi 87 persen dan sisanya 13 persen domestik Indonesia. Tahun ini, total pasar ban pengganti (replacement) kendaraan penumpang (passanger) di Indonesia diprediksi mencapai 6,57 juta.

Ban Resmi Avanza

GT Radial juga mulai masuk ke pasar OEM (original equipment manufacturer) dengan memasok buat Toyota Avanza mulai pekan depan (Juli) dan Proton Exora pada September 2011. "Pasar ban OEM masih relatif kecil di Indonesia, tapi tetap mampu mendongkrak pangsa pasar jualan domestik kami," lanjut Arijanto.

Tahun depan, PT Gajah Tunggal Tbk akan menambah kapasitas produksinya menjadi 15,5 juta unit dari posisi sekarang 14,5 juta unit. Penambahan produksi ini dilakukan sebagai realisasi cita-cita perusahaan mengejar target produksi 18 juta unit pada 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com