Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Ekspor Pelumas Marine ke Korea

Kompas.com - 12/07/2011, 15:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pertamina (Persero) terus mengembangkan bisnis pelumas. Hal ini ditandai dengan peluncuran ekspor pelumas untuk industri perkapalan dengan negara tujuan Korea sebagai tahap awal ekspansi pasar pelumas perseroan tersebut ke negara itu untuk pasar industri dan otomotif pada masa mendatang.  

 Wakil Presiden Pelumas PT Pertamina, Supriyanto Dwi Hutomo, menyampaikan hal itu dalam siaran pers peluncuran ekspor pelumas marine ke Korea yang dilakukan di Unit Produksi Pelumas Jakarta, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (12/7/2011).  

Jumlah produk yang diekspor sebanyak tiga kontainer. Adapun konsumen yang akan membeli produk itu adalah Hyundai Heavy Industry. "Ekspor ke Korea Selatan ini untuk tahap awal dimulai dari pelumas marine dan untuk ke depannya tidak menutup kemungkinan untuk pasar industri dan otomotif," kata Supriyanto.

Sebelumnya, pelumas Pertamina juga sudah diekspor ke 15 negara, termasuk Belgia, Arab Saudi, Myanmar, Singapura, Taiwan, Filipina, Timor Leste, Malaysia, Banglades, Australia, Jepang, dan China, serta Pertamina di Pakistan dan Uni Emirat Arab. Sementara itu, di dalam negeri, produk pelumas perseroan itu mendominasi sekitar 60 persen pasar pelumas ritel di Indonesia.  

Menurut Wakil Presiden Komunikasi Korporat PT Pertamina Mochamad Harun, di samping pasar ritel, Pertamina juga menunjukkan keunggulan di pasar pelumas industri. Pada tahun 2010, Pertamina memenangkan tender pasokan pelumas untuk mesin pembangkit PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) senilai Rp 176 miliar dengan total volume 9.338 kiloliter dalam setahun.     

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com