Lottemart Siap Promosikan Batik di Korsel

Kompas.com - 23/09/2011, 13:56 WIB
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com - Peritel asal Korea Selatan Lotte Mart menyatakan dukungannya untuk mempromosikan kain batik di Negeri Ginseng tersebut. Dukungan ditegaskan oleh Executive Managing Director Of Lottemart SEA Hq, Moon Young Pyo. Ia bahkan berencana, para staf ritelnya di Korea Selatan mengenakan kain yang telah diakui Unesco sebagai produk asli Indonesia tersebut.

"Saya sudah pernah ke Korea (Selatan) pada Desember 2008 memakai batik. Tapi dalam pesawat hanya saya saja yang pakai batik," ujar Moon di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (23/9/2011).

Menurut dia, di Korsel belum banyak yang tahu batik. Sekalipun demikian, ia mengaku menyukai kain dengan beragam motif ini. "Di Korea tidak ada yang tahu, tapi saya sangat suka batik Indonesia. (Alasannya) yang pertama ini berasa nyaman, saya suka desainnya, dan warnanya juga," tambah dia.

Moon berujar, batik-batik dengan desain modern bisa laku di negara ginseng tersebut. Bukan hanya bisa dipakai oleh orang dewasa, anak-anak pun bisa mengenakannya.

"Saya ada rencana staf-staf (ritel Lotte Mart) di Korea juga (akan) memakai batik. Jadi waktu melayani (pelanggan) pakai batik juga," sebut Moon.

Baginya batik bukan satu-satunya yang menarik. Ia pun melihat potensi dari produk furnitur hingga buah-buahan lokal. Mengenai furnitur, ia juga berencana untuk menggunakannya di toko sebagai display bagi produk Indonesia.

"Lain kali pameran di Korea, dekorasinya tidak usah papan. Tapi begitu masuk ke tempat, (pengunjung) bisa melihat oh ini (produk) Indonesia," ujar dia.

Untuk diketahui, sejumlah produk Indonesia akan dipajang (in store promotion) di dua toko Lotte Mart di Seoul, Korsel, selama 3-6 November 2011. Acara ini sebagai bagian dalam ajang ASEAN Week di negara tersebut.

Hari ini, delegasi Korsel pun datang untuk melakukan pemilihan atas produk yang akan dibawa dan dipajang di acara tersebut. Pemilihan produk dilakukan di Kementerian Perdagangan, Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.