Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reboisasi Hutan Terancam Molor

Kompas.com - 04/10/2011, 23:19 WIB
Runik Sri Astuti

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com -- Realisasi kegiatan penanaman bibit baru di kawasan hutan produksi terancam molor, jika terjadi kemarau panjang di tahun 2011. Penanaman yang biasanya dilakukan bulan November dan Desember, diperkirakan baru bisa dikerjakan minimal pada bulan Januari 2012.

Administratur Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madiun Perum Perhutani Unit II Jawa Timur Istiono mengatakan, keterlambatan reboisasi hutan berdampak pada membengkaknya biaya operasional pembibitan. Terutama upah tenaga kerja pemelihara bibit yang harus menyiram tanaman setiap hari. Besarnya upah mencapai Rp 25.000 per hari per pekerja.

"Berdasarkan audit sumber daya hutan yang dilakukan oleh Kepala Bidang Perencanaan Hutan mengenai tanah-tanah kosong yang harus kita percepat reboisasinya, untuk tahun 2011 ini KPH Madiun seluas 961 hektar dari 31.000 hektar areal hutan yang dikelola," kata Istiono, Selasa (4/10/2011) di Madiun.

Untuk keperluan reboisasi itu, pihaknya telah menyiapkan lebih dari dua juta bibit terdiri dari 650.000 bibit tanaman jati yang dikembangkan dengan teknik stek pucuk dan 1,4 juta tanaman rimba seperti mahoni, flamboyan, kesambi, dan johar.  

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com