Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembelian BBM Dibatasi Maksimal 75 Liter

Kompas.com - 14/11/2011, 17:51 WIB

MUKOMUKO, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, secara tertulis mengimbau agar empat stasiun pengisian bahan bakar umum di daerah itu membatasi pengisian penjualan maksimal 75 liter untuk setiap kendaraan umum dan pengecer bahan bakar.

"Hari ini imbauan tertulis dari pemerintah setempat kepada pihak stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) telah diserahkan, untuk dipatuhi agar tidak terjadi kelangkaan BBM," kata Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Hanif di Mukomuko, Senin (14/11/2011).

Imbauan tertulis agar SPBU membatasi pengisian BBM itu ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Mukomuko BM Hafrizal, dengan tembusan pihak Kepolisian resort setempat dan pihak Pertamina Bengkulu.

Setelah keluarnya imbauan secara resmi dan diserahkan kepada pihak SPBU, maka saat itu pengawasan kepada SPBU akan dilakukan. "Mulai saat ini kami sudah mulai melakukan pengawasan, meskipun tidak rutin dilakukan," kata dia menambahkan.

Untuk menghindari kemungkinan timbul gejolak akibat pembatasan BBM dari pegadagang pengecer, pihaknya menyarankan, agar SPBU menggunakan jasa kepolisian dalam melakukan pengamanan selama proses pelayanan pengisian BBM. "Pihak SPBU bisa meminta bantuan dari kepolisian untuk jaga-jaga saat melayani pengisian BBM," kata dia.

Sebelumnya Bupati Mukomuko Ichwan Yunus menyatakan, pihaknya terpaksa mengambil kebijakan pembatasan bahan bakar minyak bagi kendaraan maupun pengecer jeriken sampai bahan bakar tidak lagi langka di daerah itu.

"Sampai semua kondisi kelangkaan bahan bakar berakhir, mobil dan motor dibatasi mengisi bahan bakar, sedangkan jeriken tidak boleh diisi dulu," kata Ichwan Yunus.

Sejak putusnya jalan yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Provinsi Sumatera Barat, pasokan BBM dari Sumatera Barat untuk tiga SPBU di daerah itu menjadi terganggu.

Agar kebutuhan BBM di daerah ini tetap terpenuhi, pemerintah setempat telah mengirimkan surat secara resmi kepada pihak Pertamina Bengkulu, agar pasokan BBM didatangkan dari Pertamina Bengkulu.

"Permintaan BBM didatangkan dari Pertamina Bengkulu awalnya lisan, tetapi setelah itu permintaan kita sampaikan secara resmi diketahui oleh pemerintah provinsi dan kepolisian daerah setempat," kata dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com