Tahun 2011, Harga Gula Berjangka Anjlok hingga 27 Persen

Kompas.com - 03/01/2012, 08:20 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com — Sepanjang tahun 2011 harga gula berjangka membukukan penurunan sebesar 27 persen. Anjloknya harga ini disebabkan oleh spekulasi bahwa permintaan akan mengalami penurunan akibat lesunya ekonomi global.

Krisis utang Eropa dan melambatnya pertumbuhan ekonomi China akan mengakibatkan penurunan permintaan. Sementara itu, produksi gula di Asia diperkirakan akan mengalami kenaikan dan mampu mengatasi turunnya produksi di Brasil.

Pada penutupan perdagangan di bursa ICE Futures, akhir pekan lalu, harga gula berjangka tampak mengalami penurunan harian. Harga komoditas ini melawan arus kenaikan pada pasar komoditas lain. Peningkatan tajam produksi di Asia mengakibatkan harga gula sepanjang tahun mengalami penurunan.

Harga gula berjangka untuk kontrak pengiriman bulan Maret 2012 mengalami penurunan sebesar 0,9 persen dan berakhir pada posisi 23,3 sen per pon. Tahun ini harga komoditas mengalami penurunan sebesar 27 persen, penurunan tahunan pertama sejak tahun 2007. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.