Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Melemah 3 Persen

Kompas.com - 09/01/2012, 14:05 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pada akhir perdagangan di COMEX New York, harga emas mengalami penurunan. Melemahnya pergerakan emas disebabkan adanya sentimen negatif terhadap data ekonomi Eropa, seperti data penjualan ritel Eropa dan data factory orders Jerman yang membawa sinyalemen bahwa kondisi fundamental ekonomi Eropa masih buruk.

Harga emas berjangka untuk penyerahan Januari 2012 ditutup pada level harga 1.616,1 dollar AS per troy ounce atau melemah sebesar 3,3 dollar AS per troy ounce.

Selain itu, pergerakan harga emas juga dipengaruhi oleh kuatnya angka pekerjaan di USA. Informasi positif di USA menunjukkan peningkatan serapan tenaga kerja dari prediksi semula sebesar 152.000 orang ternyata mencapai 200.000 orang tenaga kerja yang memperoleh pekerjaan, jauh lebih tinggi dibandingkan November yang hanya mencapai 120.000 orang.

Sentimen negatif di Eropa dan kuatnya angka pekerjaan di USA, membuat dollar USA mengalami kenaikan hingga menembus level tertinggi sejak 16 bulan.

Sebagian analisis melihat untuk saat ini dollar merupakan mata uang yang aman ditengah kondisi tidak menentu di Eropa. Membaiknya angka pekerjaan di USA sangat membantu pertumbuhan ekonomi, akan tetapi kabar buruk tentang embargo minyak Iran dan penurunan peringkat utang Hongaria menahan pelaku pasar untuk berekspansi lebih lanjut.

Melemahnya pergerakan emas turut memengaruhi harga komoditas logam lainnya seperti perak yang melemah sebesar 1,9 persen menjadi 28,72 dollar AS  per troy ounce meski sepanjang pekan ini telah mengalami kenaikan 4 persen.

Harga emas berjangka yang diperdagangkan di dalam negeri juga mengalami penurunan. Di BKDI (Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia), harga emas berjangka untuk penyerahan Januari di tutup Rp 482.200 per gram.

Harga emas di BBJ (Bursa Berjangka Jakarta) kontrak Januari 2012 ditutup stabil yaitu pada harga Rp 480.500 per gram. Sementara itu, harga emas di pasar spot, harga emas di jual pada harga Rp 547.000 atau meningkat Rp.1.000 per gram atau (0,18 persen) dari sebelumnya pada harga Rp 548.000.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com