Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilot Narkoba Bisa Jadi Pintu Menguak Kecelakaan?

Kompas.com - 06/02/2012, 08:44 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan anggota Kaukus Penerbangan DPR RI, Alvin Lie, menilai, tertangkapnya pilot Lion Air yang sedang mengonsumsi narkotika jenis sabu, pada Sabtu ( 4/2/2012 ) dini hari, di Surabaya, bisa mengungkapkan tingkat kecelakaan maskapai yang terbilang tinggi di antara maskapai lainnya di Indonesia. "Ini mulai mengungkapkan kenapa rasio kecelakaan paling tinggi. Baik itu accident ataupun incident," ucap Alvin ketika dihubungi Kompas.com, Minggu ( 5/2/2012 ).

Ia menerangkan, accident itu berkaitan dengan kecelakaan pesawat yang akhirnya bisa menyebabkan adanya korban jiwa. Sementara, incident berhubungan dengan kecelakaan pesawat yang lebih ringan seperti pesawat tergelincir.

Berdasarkan pemberitaan di media, kata Alvin, Lion Air cukup tinggi mengalami accident dan incident tersebut. Menurutnya, bisa jadi ini berkaitan dengan ketidakdisiplinan pilot seperti pilot yang mengonsumsi narkoba padahal ia mau menjalankan tugasnya beberapa jam kemudian. Dan, kejadian pilot maskapai berlogo singa ini mengonsumsi narkoba bukan hanya sekali saja melainkan tiga kali.

Faktor kesalahan penerbang di Lion Air ini tidak sebatas pada konsumsi narkoba saja. Alvin menyebutkan, pilot pernah salah mendaratkan pesawat di bandara Tabing, Padang. Seharusnya pesawat mendarat di Bandara Internasional Minangkabau. "(Pilot Lion Air) keliru mendarat. Ini terjadi sekitar tahun 2006 , setelah Bandara Internasional Minangkabau diresmikan," ucap Alvin.

Oleh sebab itu, ia menginginkan Kementerian Perhubungan mengaudit manajemen Lion Air termasuk juga melakukan tes urin kepada para pilot sekaligus awak kabinnya. "Ini mungkin sekarang mulai terungkap (kenapa Lion Air sering mengalami kecelakaan) ketika pilot tidak disiplin," tambah Alvin yang juga mantan pilot ini.

Seperti diwartakan, petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali melakukan penangkapan terhadap seorang pilot Lion Air, SS, di Hotel Garden Palace, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu pukul 03.30 WIB. SS ditangkap di kamar 2109 dengan barang bukti berupa bong berisi sabu 0,04 gram. Dari hasil tes urin diketahui SS positif menggunakan sabu. Belum lama ini, pilot Lion Air juga tertangkap menggunakan narkoba di Makassar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com