Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakrie Pecat Miliuner Inggris

Kompas.com - 09/02/2012, 09:25 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Dua pemegang saham utama Bumi Plc yang masuk dalam perdagangan London memecat miliuner Inggris Nathaniel Rothschild dari jabatan ketua bersama di perusahaan batubara terbesar di Indonesia tersebut.

Di bawah proposal baru, Samin Tan, seorang pemegang saham besar lainnya dan dikenal sebagai sekutu terdekat keluarga Bakrie, akan ditunjuk sebagai pengganti untuk duduk bersama ketua saat ini, Indra Bakrie.

Tan dan Bakrie seusai pertemuan pada Jumat lalu sudah mengindikasikan bahwa mereka secara resmi akan mengajukan pergantian pimpinan di perusahaan tambang tersebut dalam dua bulan mendatang. Tan dan Bakrie yang memiliki 30 persen  hak suara di perusahaan juga mengatakan akan mengganti Kepala Eksekutif Bumi Ari Hudaya dan Kepala Keuangan Bumi Andrew Beckham.

Pembersihan radikal

Mereka menyebut pergantian ini sebagai hal yang biasa dan tidak terkait dengan masalah pribadi. "Hubungan dengan Nat Rothschild tetap profesional, kami melihatnya sebagai seorang rekan yang memiliki ketertarikan yang luas di Bumi Plc, yang merupakan satu-satunya fokus dan prioritas kami,'' kata juru bicara Bakrie Grup, Chris Fong.

"Proposal perubahan ini bukan tentang Nat. Ini murni untuk membuat jajaran manajemen lebih kuat dan bisa merealisasikan aset alam kelas dunia ini,'' ujarnya.

Rothschild, seorang keturunan keluarga pemilik bank terkemuka di Eropa, sejauh ini belum memberikan tanggapan atas pemecatan tersebut.

Pemecatan ini keluar setelah sebuah pertengkaran antara Rothschild dan Bakrie terungkap di media pada bulan November silam, di mana Rothschild meminta adanya ''pembersihan radikal'' terhadap unit usaha Bumi Resources yang dimiliki keluarga Bakrie.

Perusahaan Bakrie dikuasai oleh keluarga Aburizal Bakrie, salah satu orang terkaya di Indonesia dan tokoh penting dalam pemerintahan koalisi di Indonesia. Saham Bumi Plc, yang memiliki sejumlah tambang di Indonesia, merosot 12,58, dollar AS atau turun 11 persen sebelum pengumuman pergantian manajemen dilakukan.

Broker terbesar Jepang, Nomura, juga menurunkan saran bagi investor untuk Bumi Plc dari ''beli'' jadi "netral".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com