Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jero Wacik: Tidak Ada Niat Menyengsarakan Rakyat

Kompas.com - 28/03/2012, 22:32 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik, menegaskan, tidak ada niat Presiden maupun Pemerintah untuk menyengsarakan rakyat seiring dengan adanya rencana kenaikan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Ia pun menegaskan tidak ada niatan politik dibalik rencana itu. "Tidak ada niat Bapak Presiden, niat kami Pemerintah untuk demi mencari dana untuk Bantuan Langsung Tunai kebutuhan politik dengan cara menaikkan harga BBM. Jadi itu saya bantah tidak benar," ujar Jero dalam konferensi pers, di Kementerian ESDM, Rabu (28/3/2012) malam.

Jero pun mengajak masyarakat untuk meyakini bahwa tidak pernah ada Presiden yang mau membuat rakyatnya melarat. Menurut dia, sekalipun enam Presiden kecuali mantan Presiden Habibie pernah membuat kebijakan menaikkan harga BBM, tetapi mereka tidak punya niatan membuat rakyat sengsara.

"Saya yakin beliau-beliau itu menaikkan harga BBM bukan tidak sayang rakyatnya atau bukan ingin menyengsarakan rakyatnya. Tapi adalah demi mengatasi ekonomi nasional maka terpaksa diambil tindakan menaikkan harga BBM," tuturnya.

Oleh karena itu, ia menegaskan tidak ada niat pemerintah menaikkan harga BBM untuk membuat rakyat terpuruk. Tapi semata demi mengamankan ekonomi nasional yang mungkin bisa memburuk karena terimbas kondisi ekonomi global.

"Tetapi untuk mengatasi ekonomi nasional yang didalamnya ada ekonomi rakyat karena situasi dunia yang tidak bisa kita atur," pungkas Jero.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com