Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intelijen: Waspadai Penyusup di Kelompok Buruh

Kompas.com - 30/04/2012, 18:45 WIB
Hindra Liauw

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto dan Kepala Badan Intelijen Negara Letjen Marciano Norman menghimbau agar kelompok-kelompok buruh mewaspadai penyusup ketika melakukan aksi unjuk rasa memeringati Hari Buruh Internasional (May Day) pada 1 Mei esok. Penyusup dikhawatirkan dapat melakukan provokasi sehingga menimbulkan keributan.

"Saya sudah ingatkan mereka (kelompok-kelompok buruh) semua dan meyakinkan agar tidak ada kelompok-kelompok yang tidak dikenal masuk di situ," kata Marciano kepada para wartawan di halaman Istana Negara, Jakarta, Senin (30/4/2012).

"Ketua kelompok, ketua serikat pekerja, harus waspada adanya kemungkinan provokasi-provokasi oleh mereka yang tidak bertanggung jawab," kata Djoko. Ditambahkan Marciano, kelompok-kelompok buruh harus mampu melakukan sterilisasi penyusup.

Selain itu, Djoko meminta agar kegiatan buruh di Hari Buruh Internasional dilakukan secara tertib. Kegiatan tersebut tak boleh mengganggu aktivitas masyarakat lainnya. Secara terpisah, Kepala Polri Jenderal Timur Pradopo mengatakan, polisi siap mengamankan jalannya Hari Buruh Internasional.

Kesiapan Polri telah sampai hingga ke tingkat polres dan polsek. Terkait jumlah personil yang dikerahkan, Kapolri hanya mengatakan, hal tersebut disesuaikan dengan skala unjuk rasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com