Program Reboisasi dan Gerakan Penghijauan Harus Diaudit

Kompas.com - 01/05/2012, 09:51 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

PONTIANAK, KOMPAS.com - Program reboisasi dan gerakan penghijauan lahan kritis di Indonesia, termasuk di Kalimantan Barat harus diaudit. Pasalnya, program itu mengabiskan dana ratusan miliar dengan wilayah program yang sulit dijangkau.

Pengamat kehutanan Kalimantan Barat Soenarno, Selasa (1/5/2012) mengatakan, audit program itu sangat penting untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan program.

"Yang tak kalah pentingnya adalah apakah program itu tepat sasaran atau tidak. Uang yang dihabiskan untuk program itu tidak sedikit," kata Soenarno.

Audit juga penting karena kontrol masyarakat atas program itu tidak mudah. Lokasi reboisasi umumnya berada di wilayah-wilayah bekas penebangan liar, yang kebanyakan sulit dijangkau. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X