Migrant Care Serbu Kedubes Malaysia

Kompas.com - 01/05/2012, 10:59 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan masa dari organisasi buruh, Migrant Care melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Kedutaan Besar Malaysia di Jalan Rasuna Said, Setia Budi, Jakarta Selatan, Selasa (1/5/2012). Aksi tersebut merupakan respon dari kasus penembakan tiga TKI di Malaysia asal Nusa Tenggara Barat (NTB), yaitu Abdul Qodir Jaelani, Mad Noor dan Herman pada 24 Maret 2012 lalu.

Anis Hidayah, Direktur Eksekutif Migrant Care mengatakan, Hari Buruh Internasional yang jatuh pada hari ini merupakan momentum untuk menghentikan kriminalisasi terhadap buruh migran Indonesia.

"Kami mengecam keras kriminalisasi dan tindakan represif negara, baik Indonesia maupun Malaysia terhadap buruh migrant yang tak berdokumen," katanya.

Selain itu, para buruh juga mendesak pemerintah Indonesia untuk secara nyata mengimplementasikan konvensi internasional tentang perlindungan hak-hak seluruh buruh migrant serta anggota keluarganya.

"Mereka bukan penjahat, mereka hanya ingin mencari nafkah untuk keluarga mereka. Mereka telah membunuh rakyat Indonesia, apakah pantas Malaysia menjadi saudara kita," katanya tegas.

Aksi yang dimulai pukul 10.05 WIB tersebut dijaga ketat oleh petugas kepolisian dari Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Selatan dan Polsek Setia Budi. Selain melakukan orasi politik, para buruh juga membentangkan spanduk bertuliskan 'Malaysia Hentikan Membunuh' dan menyanyikan lagu Gugur Bunga karya Ismail Marzuki untuk mengenang kawan senasib mereka.

Hadir juga orangtua serta keluarga TKI yang tewas di Malaysia. Mereka sempat mengungkapkan pernyataannya di depan Kedubes Malaysia. Akibat dari aksi tersebut, arus lalu lintas Jalan Rasuna Said dari arah Kuningan menuju Menteng sedikit tersendat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.