Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank BRI Perketat Keamanan ATM

Kompas.com - 08/07/2012, 21:02 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) berencana memasang alarm tanda peringatan di setiap mesin ATM yang dimilikinya. Tujuannya untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, sekaligus melindungi seluruh nasabah agar bisa bertransaksi dengan nyaman.

"Unt uk menutup ruang gerak pelaku kejahatan, BRI telah mengambil langkah-langkah pengamanan di antaranya, mengumumkan nomor call center resmi yakni 14017," ujar Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali dalam siaran persnya, Minggu (8/7/2012).

BRI juga mengingatkan nasabah nomor call center BRI tersebut. "Kami selalu menampilkan atau menayangkan nomor call center BRI 14017, " jelasnya.

Terkait kasus-kasus kriminal seperti, pencurian bangunan fisik ATM, beberapa tindakan pencegahan yang telah diambil manajemen antara l ain memasang kamera pengintai.

"Dari 10.800 ATM BRI, sebanyak 80 persen di antaranya telah dilengkapi CCTV (close circuit television), dan nantinya secara berkala semua ATM akan dipasangi CCTV," kata Ali.

BRI juga akan memasang alarm di setiap booth ATM. "Alarm tersebut akan menyala apabila terjadi tindakan mencurigakan seperti kamera CCTV ditutup, mesin ATM digoyangkan, dan apabila terdapat benda asing selain kartu ATM yang masuk ke mesin," tambah Al i.

Untuk tahap awal BRI akan memasang pengamanan system alarm ini di 3.176 titik ATM. Selanjutnya secara berkala akan diinstal ke semua mesin ATM lainnya. Dengan begini, pelaku kriminal akan berpikir panjang sebelum beraksi disekitar layanan ATM BRI.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com