Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jero Usulkan Tarif Listrik Naik 1 Persen Setiap Bulan

Kompas.com - 28/08/2012, 13:37 WIB
Dimasyq Ozal

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengajukan usul kenaikan 1 persen Tarif Dasar Listrik (TDL) setiap bulannya hingga mencapai 15 persen. Usulan ini merupakan opsi lain yang diajukan pemerintah agar kenaikan TDL tidak terlalu dirasakan masyarakat.

"Sebesar 15-16 persen (kenaikan), kami mengusulkan dicicil, tidak sekaligus. Rencananya perkuartal, biar tidak terasa. Kalau terus naik 1 persen kira-kira per bulan untuk membantu negeri kita. Orang yang membayar listrik Rp 200.000, naik Rp 2.000 per bulan pasti mampu, demi mengurangi subsidi. Jadi, kalau ada rezeki kita bagi-bagi untuk rakyat, kalau ada beban kita tanggung bersama," ujar Menteri ESDM Jero Wacik, seusai acara Halal Bi Halal, di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (28/8/2012).

Jero mengungkapkan, saat ini, pihaknya tengah mencari waktu yang tepat untuk mengajukan opsi tersebut kepada DPR.

"Kami sedang mencari waktu dengan DPR. Lagi kami hitung. Enggak bisa begitu saja, harus dibicarakan dengan DPR, DPR kan yang mewakili rakyat," ujarnya.

Selain itu, Jero menambahkan, dengan kenaikan sebesar 1 persen, para pengusaha usaha kecil menengah (UKM) tidak akan keberatan dan dirugikan. Menurutnya, UKM akan tetap mendapatkan keuntungan yang cukup besar dalam menjalankan usahanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com