Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Pembiayaan Meningkat, BNI "Rajin" Rangkul Bank Jepang

Kompas.com - 05/09/2012, 12:03 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) kian agresif merangkul perbankan asal Jepang. Hal ini karena bank pelat merah tersebut ingin menangkap peluang bisnis dengan perbankan asal negeri Sakura.

Direktur Treasury dan Financial Institutions BNI Adi Setianto menjelaskan perseroan telah bekerjasama dengan 40 bank regional asal Jepang. "Hingga akhir tahun kami menargetkan bisa merangkul 6 bank lagi asal Jepang," kata Adi saat penandatanganan kerjasama antara BNI dan Joyo Bank Ltd di kantor BNI Jakarta, Rabu (5/9/2012).

Hingga saat ini, BNI telah bekerjasama dengan bank-bank regional asal Jepang antara lain Hyakugo Bank, Hokuto Bank, Shonai Bank, Chugoku Bank, Gunma Bank, Juroku Bank, Hiroshima Bank, Hokuriku Bank, Kagoshima Bank, Kyoto Bank dan Aichi Bank.

Dengan kerjasama ini, BNI berharap bisa menyediakan jasa layanan perbankan bagi investor asal Jepang yang menanamkan modalnya di Indonesia.

Selain itu, BNI ingin membantu menyediakan informasi mengenai iklim investasi di Indonesia baik berupa potensi ekonomi makro, peraturan investasi hingga isu ketenagakerjaan terutama yang menjadi nasabah bank Jepang.

Selama beroperasi sejak awal tahun ini, BNI mampu menghimpun dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp 1,35 triliun dari 196 akun perusahaan Jepang di Indonesdia. Hingga akhir tahun ditargetkan bisa mendapat DPK sebesar Rp 1,8-2 triliun. "Dari total dana tersebut, sekitar 50 persen disimpan dalam bentuk deposito. Sisanya merupakan dana murah," jelasnya.

BNI saat ini mempunyai Unit Japan Desk, gugus tugas yang secara spesifik menyediakan layanan khusus kepada perusahaan-perusahaan asal Jepang. Selain itu BNI adalah satu-satunya bank di Indonesia yang mempunyai cabang di Tokyo. Sehingga akan mendekatkan kepada perusahaan-perusahaan Jepang yang ingin investasi di Indonesia.

Sementara Joyo Bank Ltd merupakan bank lokal di Ibaraki Jepang. Di antara 64 bank regional Jepang, Joyo Bank memperoleh ranking 5 sebagai bank regional Jepang. Saat ini total aset Joyo Bank sebesar 8 triliun Yen, dana pihak ketiga 7,2 triliun Yen, kredit 5 triliun Yen, pegawai 5.600 orang dan memiliki 176 cabang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com