Kompas.com - 28/09/2012, 09:03 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com — Manajemen PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) menginformasikan, tarif kereta rel listrik (KRL) komersial atau non-ekonomi tetap akan dinaikkan pada Senin (1/10/2012). Sama sekali belum ada kesepakatan terkait penundaan kenaikan tarif.

Demikian dikatakan Sekretaris Perusahaan KCJ Makmur Syaheran, Jumat (28/9/2012) pagi. "(Kami) tetap pada rencana semula. Kalau dikatakan ada pertemuan, mungkin yang ada baru hasil pertemuan," ujar dia.

Dikatakan Makmur, kenaikan tarif Rp 2.000 merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan. Tanpa kenaikan tarif, sulit bagi KCJ untuk menambah sarana kereta api. "Tanpa penambahan sarana, maka kenyamanan tidak akan tercapai," ujarnya.

Ahli transportasi dari Universitas Katolik Soegijapranata, Djoko Setijowarno, pun menyayangkan sikap diam pemerintah pusat maupun daerah. Kereta komersial lazimnya memang tidak mendapat subsidi. Namun, bila ada kemauan, dapat saja pemda memberikan subsidi. "Masak Pemprov Jawa Barat atau Pemkot Bogor diam saja?" ujarnya.

Djoko mendorong pemda untuk berpikir kreatif dan menggunakan anggaran yang ada untuk menyubsidi transportasi massal. "Tolong juga penumpang kereta mengkritisi pemdanya. Jangan-jangan APBD hanya untuk memperbarui terus mobil dinas," ujar Djoko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.