Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham Perbankan dan Konsumer Bakal Tertekan

Kompas.com - 10/10/2012, 09:17 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mayoritas bursa Asia dibuka melemah seiring koreksi di bursa Amerika Serikat semalam dan efek pelambatan ekonomi China, Rabu (10/10/2012) pagi. Indeks Harga Saham Gabungan pun rawan terseret pelemahan itu.

Penurunan ekonomi China terlihat dari penurunan proyeksi konsumsi aluminium global oleh Alcoa Inc semalam. Harga minyak juga terkoreksi pagi ini ke level 91,9 dollar AS per barrel. Riset Samuel Sekuritas Indonesia memperkirakan IHSG hari ini akan dibuka melemah seiring sentimen negatif dari koreksi bursa regional dan penurunan harga metal dunia.

Beberapa saham sektor perbankan dan konsumer diperkirakan akan mengalami tekanan ambil untung setelah menguat kemarin. Support indeks berada di level 4.250. Bursa AS dan Eropa melanjutkan koreksinya dalam tiga hari berturut-turut dengan indeks S&P 500 terkoreksi sekitar 1 persen merespon sentimen negatif dari penurunan proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia oleh IMF kemarin.

Saham-saham berbasis teknologi di AS juga terkoreksi cukup dalam seiring kekhawatiran kinerja kuartal ketiga yang mulai melambat. Sementara harga minyak menguat signifikan sekitar 2,8 persen ke level 92,4 dollar AS per barrel seiring memanasnya tensi konflik antara Suriah dan Turki. Harga metal dunia relatif melemah dengan Nikel 0,8 persen dan Timah 1,2 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com