Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Optimalkan Program Kesehatan, DKI Akan Gandeng PT Askes

Kompas.com - 18/10/2012, 15:40 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menjamin efektifnya program jaminan kesehatan untuk warga Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggandeng PT Askes sebagai perangkat pendukungnya. Ke depan, PT Askes akan diberi kewenangan mengelola program jaminan kesehatan untuk seluruh warga DKI.

Satuan Pengawas Internal PT Askes, Siti Fadidah Hanum menyampaikan bahwa pihaknya bersedia mendukung program kesehatan di DKI. Langkah itu ditempuh sebagai upaya mempersiapkan diberlakukannya Undang-Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (UU BPJS) sekitar dua tahun ke depan.

"Kami bertemu dengan Wagub (Basuki) dan berbicara tentang kesehatan. Intinya kami siap mendukung program kesehatan di DKI Jakarta sekaligus persiapan implementasi BPJS," kata Siti seusai bertemu dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, di Balai Kota Jakarta, Kamis (18/10/2012).

Akan tetapi, kata dia, sementara ini pembicaraan baru mengarah pada konsep. Tindak lanjut berikutnya akan kembali dibahas pada pekan depan. "Intinya semua penduduk DKI yang miskin atau tidak akan dijamin kesehatannya oleh Pemprov DKI, dan PT Askes dipercaya untuk mengelolanya per 1 Januari 2013," ungkapnya.

Wagub DKI Basuki menyampaikan bahwa kerja sama yang akan dilakukan bersama PT Askes ini ditujukan untuk menjadikan Jakarta sebagai pilot project PT Askes terkait implementasi UU BPJS.

Menurutnya, hal ini akan memberikan dampak positif pada DKI karena karena besar kemungkinan akan mendapat tambahan dana program kesehatan melalui CSR PT Askes. "Mereka jadikan kita percontohan, maka kita harap ada semacam CSR atau sejenisnya. Kalau sanggup maka akan kita laksanakan," pungkas Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com