Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringkat Obligasi PLN

Kompas.com - 19/10/2012, 15:42 WIB
Anastasia Joice

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemeringkat Fitch Ratings memberi peringkat final pada obligasi PT Perusahaan Listrik Negara sejumlah 1 miliar dollar AS pada peringkat BBB-. Obligasi ini akan jatuh tempo tahun 2042.

Informasi yang diterima dari Fitch Ratings, Jumat (19/10/2012), menyebutkan bahwa penerbitan obligasi merupakan bagian dari program penerbitan surat utang global (global medium term notes) dengan total sejumlah 2 miliar dollar AS.

Pemberian peringkat final ini sesuai dengan peringkat ekspektasi yang diterbitkan pada 16 Oktober 2012. Selain itu, peringkat ini diberikan setelah pengkajian dokumen final yang secara garis besar sesuai dengan dokumentasi awal yang dikaji sebelumnya.

Obligasi tersebut diberi peringkat yang sama dengan PLN, karena obligasi tersebut akan mencerminkan kewajiban perusahaan yang bersifat langsung, unconditional, unsubordinated, dan tidak dijamin. Sesuai dengan metodologi Parent-Subsidiary Linkage yang dimiliki Fitch, peringkat-peringkat PLN disamakan dengan peringkat induknya yaitu Pemerintah Indonesia berdasarkan kuatnya ikatan di antara keduanya.

Ada beberapa faktor yang dapat mengubah peringkat ini. Peringkat akan bergerak ke arah positif jika ada perkembangan di masa depan yang secara individu maupun kolektif dapat memicu kenaikan peringkat, antara lain peningkatan peringkat sovereign Indonesia bilamana tidak terjadi pelemahan ikatan dengan pemerintah dari sisi legal, operasional dan strategis.

Sementara faktor negatifnya adalah perkembangan di masa depan yang dapat secara individu maupun kolektif, memicu penurunan peringkat antara lain penurunan peringkat sovereign Indonesia. Melemahnya ikatan dengan pemerintah atau berkurangnya ketergantungan pemerintah terhadap PLN. Menurut pandangan Fitch, hal ini tidak akan terjadi dalam jangka waktu menengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com