Kompas.com - 16/11/2012, 10:09 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai bentuk kerja sama internasional di bidang pendidikan, Fakultas Hukum Universitas Esa Unggul bersama dengan Universiti Kebangsaan Malaysian menyelenggarakan seminar internasional terkait buruh migran yang berada di negeri orang. Dekan Fakultas Hukum Universitas Esa Unggul, Wasis Susetio, mengatakan bahwa seminar internasional yang dilakukan bersama dengan Malaysia ini merupakan bentuk kunjungan balasan dari kedatangan rombongan mahasiswa Universitas Esa Unggul ke Malaysia.

"Ini merupakan kelanjutan dari kerja sama internasional yang telah lama dijalin. Pemilihan tema buruh migran ini juga dinilai sesuai dengan kondisi saat ini," kata Wasis saat membuka Seminar Internasional tentang Masalah Migrant Worker Dalam Perspektif Pembangunan Wilayah Regional ASEAN Beserta Implementasinya di Universitas Esa Unggul, Jakarta, Kamis (15/11/2012).

Ia menambahkan bahwa permasalahan buruh migran ini tidak pernah berhentk dan seolah tidak memiliki solusi. Untuk itu, sebagai akademisi juga perlu membahas masalah ini agar diperoleh satu rumusan solusi dari sisi akademik supaya ada jalan keluar dari kasus buruh migran yang kerap menimpa Indonesia.

"Harapannya ada yang bisa disumbangkan oleh akademisi dari seminar ini. Apalagi masalah tenaga kerja ini kan juga menjadi fokus dari ASEAN Charter," ujar Wasis.

Dalam kesempatan ini, perwakilan dari Fakulti Perundang-undangan Universiti Kebangsaan Malaysia, Datin Rohani Abdul Rahim yang akan memaparkan dasar dan kebijakan perundangan dalam urusan buruh migran di Malaysia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.