Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersama Malaysia, Universitas Esa Unggul Bahas Buruh Migran

Kompas.com - 16/11/2012, 10:09 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai bentuk kerja sama internasional di bidang pendidikan, Fakultas Hukum Universitas Esa Unggul bersama dengan Universiti Kebangsaan Malaysian menyelenggarakan seminar internasional terkait buruh migran yang berada di negeri orang. Dekan Fakultas Hukum Universitas Esa Unggul, Wasis Susetio, mengatakan bahwa seminar internasional yang dilakukan bersama dengan Malaysia ini merupakan bentuk kunjungan balasan dari kedatangan rombongan mahasiswa Universitas Esa Unggul ke Malaysia.

"Ini merupakan kelanjutan dari kerja sama internasional yang telah lama dijalin. Pemilihan tema buruh migran ini juga dinilai sesuai dengan kondisi saat ini," kata Wasis saat membuka Seminar Internasional tentang Masalah Migrant Worker Dalam Perspektif Pembangunan Wilayah Regional ASEAN Beserta Implementasinya di Universitas Esa Unggul, Jakarta, Kamis (15/11/2012).

Ia menambahkan bahwa permasalahan buruh migran ini tidak pernah berhentk dan seolah tidak memiliki solusi. Untuk itu, sebagai akademisi juga perlu membahas masalah ini agar diperoleh satu rumusan solusi dari sisi akademik supaya ada jalan keluar dari kasus buruh migran yang kerap menimpa Indonesia.

"Harapannya ada yang bisa disumbangkan oleh akademisi dari seminar ini. Apalagi masalah tenaga kerja ini kan juga menjadi fokus dari ASEAN Charter," ujar Wasis.

Dalam kesempatan ini, perwakilan dari Fakulti Perundang-undangan Universiti Kebangsaan Malaysia, Datin Rohani Abdul Rahim yang akan memaparkan dasar dan kebijakan perundangan dalam urusan buruh migran di Malaysia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com