Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Pemandangan "Hutan Beton" dari Peak Tower

Kompas.com - 25/11/2012, 08:15 WIB
Nurulloh

Penulis

HONGKONG, KOMPAS.com - Cuaca cerah dengan warna langit yang kebiruan menyambut hangat kedatangan saya di Hongkong pada pertengahan bulan Oktober lalu. Lalu-lalang moda transportasi modern dan hiruk-pikuk para pekerja dengan mobilitas tinggi menjadi pemandangan sehari-hari di kota “Bruce Lee” ini.

 

Tumbuhnya ratusan bahkan mungkin ribuan gedung-gedung mewah yang menjulang tinggi di kota ini seperti pepohononan di hutan belantara. Hampir tidak ada lahan kosong yang tidak termanfaatkan. Bukit bebatuan pun dijadikan fondasi gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan.

 

Pemerintah setempat sepertinya sadar, bahwa adanya gedung-gedung tersebut dapat menjadi daya tarik tersendiri dan dapat meraup wisatawan lokal ataupun asing untuk menikmati pemandangan “hutan beton” Hongkong dari ketinggian. The Peak Tower, yang berada di Garden Road, Central, Hong Kong menawarkan itu semua. Mulai dari  wisata Trem menuju bukit Peak Tower yang di dalamnya terdapat museum lilin Madame Tussauds, Sky Terrace 428 sampai  toko-toko yang menjajakan souvenir khas The Peak dan kota Hongkong ada di sini.

 

Moda transportasi menuju lokasi sangat mudah dan beragam. Kita dapat memilih beberapa moda transportasi sesuai keinginan seperti menggunakan bus, Mass Transit Railway (MTR) atau Big Bus Tour.

 

Saya sendiri memilih menggunakan MTR dari tempat saya menginap di kawasan Tsim Sha Tsui dan memakan waktu sekitar 20 menit untuk sampai di Stasiun MTR Central, lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati taman kota untuk sampai di terminal bawah Peak Tram.

 

Sesampainya di terminal bawah Peak Tram, saya harus membeli tiket trem seharga 65 dolar Hongkong (HKD) untuk dua kali perjalanan, pergi dan pulang. Pengelola The Peak juga menawarkan alternatif tiket terusan seharga 325 HKD. Tiket terusan itu sudah termasuk tiket Trem, museum lilin Madame Tussauds dan Sky Terrace 428 yang memberikan pengalaman melihat 360 derajat kota Hongkong dari ketinggian di atas bukit.

 

Berikut rincian tiket Trem dan Sky Terrace 428

 

Tiket Trem

 

 

Pulang-Pergi (PP)

Sekali Jalan

Dewasa

HK$ 40

HK$ 28

Anak-anak (3 – 11 tahun)

Lansia (65 tahun ke atas)

HK$ 18

HK$ 11

 

Tiket Sky Terrace 428

 

Dewasa

HK$ 30

Anak-anak (3 – 11 tahun)

Lansia (65 tahun ke atas)

HK$ 15

 

Butuh waktu 10-15 menit untuk sampai di Peak Tower menggunakan moda transportasi trem yang sudah beroperasi sejak 1888 ini. Pemandangan gedung-gedung tinggi dan lautan sudah terlihat saat masih di dalam trem. Beruntung, saat itu cuaca di Hongkong sangat cerah dan bersahabat. Kita akan leluasa dan bisa melihat jelas gedung-gedung dari ketinggian meskipun jaraknya sangat jauh. Lalu lalang kapal pesiar pun dapat terlihat jelas.

 

Sesampainya di Peak Tower, saya bergegas menuju Sky Terrace 428 yang mengambil tempat di bagian paling atas Peak Tower. Di sini, kota Hongkong dapat dilihat 360 derajat secara menyeluruh. Sky Terrace 428 ini juga disewakan sebagai tempat resepsi pernikahan, pesta dan pertemuan keluarga atau kerabat.

 

Tidak hanya pemandangan kota Hongkong yang dapat kita nikmati, pengunjung juga dapat menuliskan keinginan dan harapan terutama bagi pasangan muda yang sedang memadu kasih agar hubungannya berlangsung erat, penuh cinta dan kasih. Pengelola menyediakan kertas berwarna merah berbentuk hati untuk dituliskan keinginan dan harapan dari para pengunjung, lalu menggantungkannya di sebuah tempat yang telah disediakan.

 

Terlihat ribuan kertas dengan harapan dan keinginan masing-masing pengunjung tergantung di tempat yang juga berbentuk hati. Kita juga bisa membaca dan melihat sejarah berdiri Peak Tower dan beroperasinya kereta trem di tempat itu.

 

Sky Terrace dibuka sejak pukul 10.00 sampai 23.00 waktu setempat, kecuali di akhir pekan, hari Sabtu dan Minggu dibuka pukul 08.00 sampai 23.00. Memandang Hongkong dari Peak Tower sangat memanjakan mata. Di tengah padatnya gedung-gedung dan mobilitas warganya yang tinggi, ternyata Hongkong menyimpan pesona dan sensasi pemandangan yang indah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com