Kompas.com - 29/11/2012, 14:45 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Aburizal Bakrie pada tahun ini tak masuk dalam daftar 40 orang terkaya di Indonesia versi Forbes.  Padahal, Ical, sapaan akrab Aburizal, ini setiap tahun selalu terpampang di daftar yang dimulai sejak tahun 2006 itu.

Ical tidak terjaring dalam daftar orang paling kaya karena harta yang dimilikinya tak masuk ketentuan Forbes.

Media yang terkenal memberitakan jumlah kekayaan para taipan ini mematok batas bawah nilai kekayaan tahun ini berada pada level 730 juta dollar AS, atau meningkat 100 juta dollar AS dibandingkan dengan tahun lalu.

Salah satu penyebab turunnya aset Ical adalah harga batubara yang terus tertekan seiring melemahnya permintaan dari China.

Perlu diketahui, pada tahun 2011 Ical yang merupakan Ketua Umum Partai Golkar itu terlempar ke posisi 30, dengan jumlah kekayaan 890 juta dollar AS. Angka itu berarti amblas hingga 1,2 miliar dollar AS atau sekitar 57 persen dibandingkan dengan kekayaannya pada tahun 2010.

Dalam daftar orang terkaya versi Forbes tahun 2010, Ical berada di posisi 10 dengan kekayaan 2,1 miliar dollar AS.

Selain pengendali Group Bakrie, orang terkaya di Indonesia yang memiliki bisnis batubara dan mengalami penurunan nilai kekayaan adalah Low Tuck Kwong, nomor 12. Kekayaan Low Tuck Kwong merosot 46 persen menjadi 2 miliar dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Forbes menyusun daftar ini berdasarkan komposisi kepemilikan saham dan informasi keuangan yang diperoleh dari keluarga dan perorangan, bursa saham, analis, dan sumber-sumber lainnya. Jumlah kekayaan juga memperhitungkan kepemilikan saham yang dimiliki oleh keluarga besar, seperti pada penghitungan kekayaan Susilo Wonowidjojo.

Kekayaan yang diperoleh dari perusahaan publik dihitung berdasarkan harga saham dan nilai tukar uang per 14 November 2012. Sementara itu, dasar penghitungan untuk perusahaan tertutup menggunakan perusahaan sejenis yang sahamnya diperdagangkan secara publik sebagai pembanding. (Dyah Megasari/Kontan)

Baca juga:
Ini 10 Konglomerat Teratas Indonesia 2012 
Ini 10 Orang Kaya di Amerika
Taipan Spanyol Gusur Buffett dari Orang Terkaya Ketiga Dunia
I
ni Daftar Orang Terkaya di Indonesia

Ikuti artikel terkait di Topik: Orang Terkaya Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.