Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNS Buka Kembali Program S-1 Transfer

Kompas.com - 17/12/2012, 01:06 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo kembali akan membuka Program S-1 transfer mulai tahun 2013, setelah sempat ditutup beberapa waktu lalu, demikian dikatakan Rektor UNS Prof.Dr Ravik Karsidi, MS.

"Diberlakukannya kebijakan tersebut nantinya akan ada 21 program studi (Prodi) D-III di UNS yang akan membuka kembali program transfer," kata Rektor UNS Prof.Dr Ravik Karsidi, MS kepada wartawan di Solo, Minggu (16/12/2012).

Ia mengatakan, dengan dibukanya kembali Program S-1 transfer dari Program Diploma tidak bertentangan Undang-Undang No. 12 tahun 2012. Hal itu diperbolehkan oleh Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dalam rangka untuk meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) dan pemerataan akses memperoleh pendidikan tinggi.

"Pelaksanaaan seleksinya dilakukan dalam dua tahap. Pertama, Ujian Tulis yang berisi Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris. Lalu yang kedua berupa matrikulasi," kata Rektor UNS.

Dia menjelaskan, pada tahapan seleksi penerimaan mahasiswa baru Program transfer, lulusan Diploma memiliki 110 satuan kredit semester (SKS). Namun, yang diakui hanya 80 SKS. Selain itu, calon mahasiswa juga harus lulus matrikulasi yang dilakukan selama satu semester.

Ia mengatakan, untuk lulus jadi Sarjana, mahasiswa Program transfer harus menempuh sebanyak 140 SKS. Sehingga, dengan menghitung capaian SKS pada Program Diploma, mahasiswa harus memenuhi sisanya sebanyak 60 SKS.

"Jadi mahasiswa nanti harus menempuh sebanyak 60 SKS atau setara dengan 4 semester," jelasnya.

Ravik menambahkan, Program S-1 transfer mulai berlaku pada tahun 2013 dan bisa diikuti oleh semua lulusan Diploma tanpa ada batasan usia maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com